Self Disclosure dan Komunikasi Antar Pribadi Siswa Tuna Rungu dengan Guru di SD SLB-B Pangudi Luhur

Agnes Brigitta Virceldi, Heri Budianto
| Abstract views: 303

Abstract

Penelitian ini membahas tentang self disclosure dan komunikasi antar pribadi yang terjadi antara siswa tuna rungu dengan guru di SD SLB-B Pangudi Luhur Jakarta. Teori yang digunakan pada penelitian ini meliputi teori-teori yang berkaitan dengan komunikasi antara lain komunikasi antar pribadi, komunikasi verbal, komunikasi nonverbal, teori penetrasi sosial dan self disclosure. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendeketan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer yang didapatkan dari hasil wawancara dengan narasumber sedangkan data sekunder didapatkan dari buku dan sumber lain. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, studi kepustakaan dan penelusuran data online. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi self disclosure dan komunikasi yang terjadi antara siswa tuna rungu dan guru dengan menggunakan komunikasi antar pribadi, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal.

Keywords

self disclosure, siswa tuna rungu, komunikasi antar pribadi

References

DeVito, J. A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Tangerang: Karisma Publishing Group.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyana, D. (2016). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohim, S. (2009). Teori Komuniaksi: Perspektif, Ragam & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyadi, E. (2014). SPSS + Amos. Jakarta: In Media.

West, R., & Turner, L. H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Winarsih, M. (2007). Intervensi Dini Bagi Anak Tunarungu dalam Pemrosesan Bahasa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Direktorat Ketenagaan.

Yin, R. K. (2013). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Copyright (c) 2018 Koneksi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.