Pengaruh Minat Pembaca Media Online Tempo.Co terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi pada Generasi Z

Main Article Content

Nathasya Estrella
Farid Rusdi

Abstract

Technological developments create new alternatives for audiences to get unlimited news. News readers or audiences have diverse consumption interests in accessing mass media. Generation Z spends more time looking for references for their information needs via the internet. Therefore, the mass media has a significant role and impact to be on influencing its readers. Tempo is one of the media that has also transformed into digital by presenting a high standard of journalism in writing a news story in a sharp, intelligent, and balanced manner. Tempo. co presents news according to people's needs such as business, automotive, sports, economy, beauty, health, etc. This study aimed to determine the effect of reading interest on the fulfillment of information needs in generation Z after reading the online media Tempo.co. The theory used in this research is uses and gratification. This research method uses a quantitative approach with data collection techniques distributing questionnaires to 100 Generation Z and Tempo respondents.co Instagram followers using non-probability sampling. The data obtained were processed using validity, reliability, normality, simple regression analysis, and t-test. The results of the study indicate that the consumption interest of Tempo.co's online media readers significantly affects the satisfaction of meeting information needs.


Perkembangan teknologi menciptakan alternatif baru bagi khalayak dalam memperoleh berita yang tidak terbatas. Pembaca berita ataupun khalayak memiliki minat konsumsi yang beragam dalam mengakses media massa. Generasi Z lebih banyak menggunakan waktu luang untuk mencari referensi dalam kebutuhan informasi melalui internet. Oleh karena itu, media massa memiliki peran serta dampak yang besar untuk menjadi pengaruh bagi pembacanya. Tempo merupakan salah satu media yang juga bertransformasi menjadi digital dengan menghadirkan standar jurnalisme yang tinggi dalam menulis sebuah berita secara tajam, cerdas dan berimbang. Tempo.co menyajikan berita sesuai kebutuhan masyarakat seperti bisnis, otomotif, olah raga, ekonomi, kecantikan, dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh minat membaca terhadap pemenuhan kebutuhan informasi di Generasi Z setelah membaca media daring Tempo.co. Teori yang digunakan adalah uses and gratification. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menyebarkan kuisioner kepada 100 responden yang merupakan Generasi Z dan followers Instagram Tempo.co dengan menggunakan nonprobability sampling. Data yang didapatkan diolah menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji analasis regresi sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat konsumsi pembaca media daring Tempo.co berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan pemenuhan kebutuhan informasi.

Article Details

How to Cite
Estrella, N., & Rusdi, F. (2022). Pengaruh Minat Pembaca Media Online Tempo.Co terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi pada Generasi Z. Koneksi, 6(2), 408–415. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15793
Section
Articles

References

Cohen, R. J., & Swerdlik, M. E. (2018). Psychological Testing and Assessment: An Introduction to Tests and Measurement. McGraw-Hill Education.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning,conductiong, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Pearson.

Fatimah, M. N. (2020). FUNGSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA (BKN)DALAM KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK MELALUI AKUN RESMI INSTAGRAM @bkngoidoffcial.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Kesembilan). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/3712/2152

Helen, H., & Rusdi, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Prologia, 2(2), 355–362. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/3712

Pasaribu, B. J. (2017). Situs Berita Online dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Studi Korelasional Tentang Penggunaan Situs Berita Online Bola.Net Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi pada Mahasiswa USU) [Universitas Sumatera Utara]. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/19379

Rastati, R. (2018). MEDIA LITERASI BAGI DIGITAL NATIVES: PERSPEKTIF GENERASI Z DI JAKARTA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 06, 63–64. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p60--73

Romli, A. . (2014). Jurnalistik Praktis Untuk Pemula. PT REMAJA ROSDAKARYA.

Rusadi, U. (2014). KONSUMSI BERITA LINTAS MEDIA MASSA KONVENSIONAL DAN INTERNET. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika Vol. 4 No. 3 (Maret 2014 - Juni 2014), 4, 173. https://web.archive.org/web/20180425143912id_/https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jppki/article/viewFile/606/387

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3