Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers

Helen Helen, Farid Rusdi
| Abstract views: 465 | views: 293

Abstract

@Jktinfo adalah akun Instagram berbasis konten informasi seputar wilayah Jakarta. Akun tersebut memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang sedang terjadi di Jakarta. Penulis tertarik untuk mengetahui pengaruh penggunaan akun instagram @jktinfo terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan akun instagram @jktinfo terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup teori komunikasi massa, media baru, uses and gratification, penggunaan media sosial, instagram, dan kebutuhan informasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang ditentukan melalui nonprobability sampling dan teknik sampling insidental. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji t. Dari penelitian ini diperoleh hasil persamaan regresi linear Y = 0.564 + 0.880X dengan nilai signifikan (sig.) sebesar 0.000, yang berarti penggunaan media sosial akun instagram @jktinfo memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followersnya.

Keywords

Media Sosial; Instagram; Kebutuhan Informasi

Full Text:

PDF

References

Atmoko, Bambang Dwi. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi Kesembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanum, Luthfia Faridatul dan Jazzimatul Husna. (2016). Studi Komparasi

Pemanfaatan Media Sosial Facebook dan Twitter Oleh Pemustaka di Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Diponegoro

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nisfianoor, Muhammad. (2013). Pendekatan Sistemarika Modern: Aplikasi Dengan Software SPSS dan Eviews. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti

Perdana, Cepti Rachman Gilang, Edwin Rizal dan Ute Lies Siti Khadijah. (2012).

Hubungan Twitter Jatinangorku dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Seputar Daerah Jatinangor bagi Followers. Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

Romli, Khomsahrial. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Intterpratama Mandiri

Sugiyono. (2006). Teknik Penelitian. Yogyakarta: Pines.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Uyanto, Stanislaus S. (2006). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.