Pengaruh Self Esteem dan Self Disclosure terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa di Universitas Tarumanagara

Main Article Content

Devin Devin
Riris Loisa

Abstract

This research aims to determine the impact of Self Esteem and Self Disclosure towards Students’ Adjustment at Universitas Tarumanagara. The theories used in this research are social penetration, Self Esteem, Self Disclosure, and Self Adjustment. This research uses quantitative approach with survey methods. The population in this research is Universitas Tarumanagara (Untar), with the sample of university student at Untar. The research technique used is non-probability sampling with a snowball sampling approach, with 155 respondents. The data validity test was done by using the validity, reliability and normality test. The requirements that must be met in multiple regression analysis are the classic assumption test, which consists of multicollinearity, heteroscedasticity, and autocorrelation tests. After that, the data processing and analysis tests were carried out using the F test, T test, multiple correlation coefficient, determination coefficient, and multiple linear regression analysis. All of the above tests were processed using the IBM SPSS 25 software. This results of this research indicate that Ha is accepted, which means that Self Esteem and Self Disclosure partially and simultaneously affect Students’ Adjustment at Universitas Tarumanagara.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Self Esteem dan Self Disclosure terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa di Universitas Tarumanagara. Teori yang dibahas di penelitian ini adalah teori penetrasi sosial, Self Esteem, Self Disclosure, dan Penyesuaian Diri. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah Universitas Tarumanagara (Untar) dengan sampel nya adalah mahasiswa dan mahasiswi yang berkuliah di Untar. Teknik penelitian yang digunakan adalah non probability sampling dengan pendekatan snowball sampling, dengan responden yang berjumlah 155 orang. Uji keabsahan data yang dilakukan dengan menggunakan uji validitas, realibilitas dan normalitas. Adapun syarat yang harus dipenuhi dalam analisa regresi ganda yaitu uji asumsi klasik, yang terdiri dari uji multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Setelah itu diadakan uji pengolahan dan analisa data yang menggunakan uji F, uji T, koefisien korelasi berganda, koefisien deterninasi, dan analisis regresi linear berganda. Semua uji diatas diolah menggunakan software IBM SPSS 25. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan Ha diterima, yang berarti Self Esteem dan Self Disclosure berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa di Universitas Tarumanagara.

Article Details

How to Cite
Devin, D., & Loisa, R. (2021). Pengaruh Self Esteem dan Self Disclosure terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa di Universitas Tarumanagara. Koneksi, 5(2), 312–319. https://doi.org/10.24912/kn.v5i2.10323
Section
Articles
Author Biographies

Devin Devin, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Riris Loisa, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Aulia, S., & Djuarsa, S. (2015). Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Dan Word of. Seminar Nasional Cendekiawan 2015, 46–52.

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. (2018). BPS Provinsi DKI Jakarta. Retrieved December 15, 2020, from https://jakarta.bps.go.id/indicator/28/481/1/jumlah-perguruan-tinggi1-mahasiswa-dan-tenaga-edukatif-negeri-dan-swasta-di-bawah-kementerian-riset-teknologi-dan-pendidikan-tinggi-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-dki-jakarta-2017-2018.html

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Cetakan ke IX. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati. (2012). Dasar-dasar Ekonometrika. Terjemahan Mangunsong, R.C. Jakarta: Salemba Empat.

Haroen, Dewi. (2014). Personal Branding. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Intan, T. (2019). Gegar Budaya Dan Pergulatan Identitas Dalam Novel Une Année Chez Les Français Karya Fouad Laroui. 163 | Jurnal Ilmu Budaya, 7(2), 163–175.

Kinanti, S. P., & Putri, B. P. S. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @Zapcoid Terhadap Brand Equity Zap Clinic. Jurnal Komunikasi, 9(1), 53. https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.164

Mataputun, Y., & Saud, H. (2020). Analisis komunikasi interpersonal dan Penyesuaian Diri remaja. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(1), 32. https://doi.org/10.29210/140800

Neolaka, Amos. Metode Penelitian dan Statistik. (2014). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Pusat Data dan Informasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan P. T. (2018). Statistik Pendidikan Tinggi, 213.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sekaran, Uma and Roger Bougie. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. United Kingdom: John Wiley and Sons.

Tarumanagara, U. (2018). Laporan Akademik Universitas Tarumanagara 2017/2018. 1(1), 1–17.

Widyananda, R. F. (2020). 5 Tujuan Kuliah yang Perlu Diketahui, Tak Hanya Mengejar Gelar Akademik. Retrieved December 15, 2020, from https://www.merdeka.com/jatim/5-tujuan-kuliah-yang-perlu-diketahui-tak-hanya-mengejar-gelar-akademik-kln.html?page=all

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3