Peranan kompetensi dalam memediasi pengaruh pelatihan dan motivasi serta dampaknya terhadap kinerja tenaga penjual

Main Article Content

Hery Winoto Tj
Soegeng Wahyoedi
Pieter Andre

Abstract

Every company certainly wants to continuously improve its performance to win the competition in the market, both in creating products needed by the market and providing excellent services for customer satisfaction. However, this will be difficult to achieve without performance improvement from employees. Therefore, every company needs a management approach that can effectively and efficiently accommodate any changes that occur, and one of them is good human resources management (HRM) that can continually adjust and utilize technology. Therefore, PT Hino Motors Sales Indonesia continuously provides periodic training to their salesmen in HRM development strategies, in hopes of improving the required competencies and providing a positive impact on the performance of salesmen at Hino dealers. Not only training, but participant motivation is also a factor in achieving better results. This research was conducted using a quantitative method and simple random sampling questionnaire distribution technique, with a known population of 159 salesmen, distributed to 114 respondents. The results of the study showed a significant influence between training and performance. Motivation had a positive and significant effect on performance. Training and motivation had a positive and significant effect on competence. Competency mediated training and performance have a direct and significant impact. Competency mediated between motivation and performance had a significant effect. The results of this study contribute to increasing the effectiveness of training on employee performance.


Setiap perusahaan tentunya ingin meningkatkan kinerjanya secara berkelanjutan untuk memenangkan persaingan yang ada di pasar, baik dalam menciptakan barang dibutuhkan oleh pasar maupun layanan yang prima untuk kepuasan pelanggannya. Namun hal tersebut akan sulit untuk dicapai tanpa peningkatan kinerja dari para karyawannya. Oleh karena itu, setiap perusahaan pastinya membutuhkan pendekatan manajemen yang mampu mengakomodasikan setiap perubahan yang terjadi secara efektif dan efisien, dimana salah satunya adalah manajemen sumber daya manusia (SDM) yang baik yang dapat terus melakukan penyesuaian dan pemanfaatan teknologi. PT Hino Motors Sales Indonesia secara terus menerus memberikan pelatihan-pelatihan kepada tenaga penjualnya (salesmen) secara periodik dalam strategi pengembangan SDM, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan dan memberikan dampak positif terhadap kinerja salesmen di dealer Hino. Namun tidak hanya pelatihan, motivasi peserta juga menjadi faktor untuk mencapai hasil yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan teknik penyebaran kuesioner simple random sampling dengan populasi diketahui sebanyak 159 salesmen melalui penyebaran kuesioner yang diberikan kepada sejumlah 114 responden. Dari hasil penelitian, menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara pelatihan terhadap kinerja. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Pelatihan dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi. Kompetensi memediasi pelatihan dan kinerja agar berpengaruh langsung dan signifikan. Kompetensi memediasi antara motivasi dan kinerja adalah berpengaruh signifikan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas pelatihan terhadap kinerja karyawan.

Article Details

How to Cite
Tj, H. W., Wahyoedi, S., & Andre, P. (2023). Peranan kompetensi dalam memediasi pengaruh pelatihan dan motivasi serta dampaknya terhadap kinerja tenaga penjual. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(4), 921–933. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i4.25394
Section
Articles
Author Biographies

Hery Winoto Tj, Universitas Kristen Krida Wacana

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Soegeng Wahyoedi, Universitas Kristen Krida Wacana

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Pieter Andre, Universitas Kristen Krida Wacana

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Bangun, W. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Erlangga.

Dessler, G. (2018). Human resource management. Pearson Education.

Faizal, R., Sulaeman, M., & Yulizar, I. (2019). Pengaruh budaya, motivasi kerja dan kompetensi terhadap kinerja karyawan. EBA Journal: Journal Economics, Bussines and Accounting, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.32492/eba.v5i1.706

Gaol, C. J. L. (2014). A to Z human capital: Manajemen sumber daya manusia (N. Purwanti (ed.)). Grasindo.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares: Konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 untuk penelitian empiris (2nd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, Jr., J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2016). A primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). SAGE.

Hasibuan, H. M. S. P. (2018). Manajemen sumber daya manusia (Ed. Revisi). Bumi Aksara.

Herminingsih, A., & Kreestianawati. (2016). Pengaruh pelatihan, motivasi kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai negeri sipil. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 5(3), 241–257.

Lusri, L., & Siagian, H. (2017). Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi pada karyawan PT. Borwita Citra Prima Surabaya. AGORA, 5(1), 1–8. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/5259

Mangkunegara, A. A. A. P. (2017). Evaluasi kinerja SDM. Refika Aditama.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2009). Manajemen sumber daya manusia (D. Angelia (trans.)). Salemba Empat.

Mulyadi, H. (2010). Pengaruh motivasi dan kompetensi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Galamedia Bandung Perkasa. Jurnal MANAJERIAL, 9(2), 97–111. https://doi.org/10.17509/manajerial.v9i2.1807

Priyono, & Marnis. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Zifatama.

Rivai, H. V. (2015). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan: Dari teori ke praktik (7th ed.). Rajagrafindo Persada.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku organisasi (R. Saraswati (trans.); 16th ed.). Salemba Empat.

Satria, R. O., & Kuswara, A. (2013). Pengaruh motivasi dan pelatihan terhadap kompetensi kerja serta implikasinya pada produktivitas pegawai dinas perhubungan kota Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 7(2), 74–83. http://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/31

Suhartono. (2017). Pengaruh pelatihan dan karakteristik individu terhadap kinerja dimediasi oleh kompetensi pegawai badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kota Batu. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 2(2), 31–43. https://doi.org/10.33474/manajemen.v3i1.989

Tahir, N., Yousafzai, I. K., Yousafzai, I. K., Jan, D. S., & Hashim, M. (2014). The impact of training and development on employees performance and productivity: A case study of United Bank Limited Peshawar City, KPK, Pakistan. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 4(4), 86–98. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v4-i4/756

Theodora, O. (2015). Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Sejahtera Motor Gemilang. AGORA, 3(2), 187–195. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/3615

Tj, H. W. (2020). Pengaruh budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan (Studi kasus pada PT. GCM). Jurnal Media Bina Ilmiah, 14(9), 3261–3266. https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/823

Wibowo. (2016). Manajemen kinerja (5th ed.). Rajawali Pers.

Wicaksono, Y. S. (2016). Pengaruh pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan semangat kerja dan kinerja karyawan (Studi di SKM Unit V PT. Gudang Garam, Tbk Kediri). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1), 31–39. https://doi.org/10.26905/jbm.v3i1.71

Wisastra, P. I. Y., & Sagala, E. J. (2016). Pengaruh pelatihan terhadap kompetensi karyawan PT. Len Industri (Persero) Bandung. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 10(2), 98–109. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2016.v10.i02.p01