Kajian Pengaruh Strategi Inovasi dan Kepemimpinan terhadap Peningkatan Kinerja (Studi Kasus: Usaha Kecil Menengah Kerajinan Songket Sumatera Barat)

Main Article Content

Ikvan Aryono
Nurahma Tresani

Abstract

The innovation strategy is one of the most important factors in industry, both large and small industries, especially in terms of increasing the productivity and performance of a company, and one of the factors that can increase innovation is the leadership of a company so that it can increase various kinds innovations that will have an impact on company performance. The purpose of this study was to see the influence of innovation and leadership strategies on the performance of small and medium enterprises in Songket Craft in West Sumatra. This study provides theoretical and managerial implications regarding steps that must be taken by small and medium enterprises to improve their company performance through leadership orientation innovation strategy. The population in this study. The number of samples taken was as many as 119 Songket handicraft SME businesses in West Sumatra. The data from these respondents were then analyzed for their suitability with the research model developed from theoretical frameworks using SEM confirmatory analysis. From the results of the analysis, it can be seen that both hypotheses are accepted. The innovation strategy is proven to have a positive effect on company performance and leadership orientation is proven to have a positive effect on company performance.

 

Strategi inovasi merupakan salah satu faktor yang paling utama dalam industri baik industri besar maupun kecil, terutama dalam hal untuk peningkatan produktifitas dan kinerja sebuah perusahaan, dan salah satu faktor yang dapat meningkatkan inovasi adalah kepemimpinan sebuah perusahaan, sehingga dengan hal tersebut bisa meningkatkan berbagai macam inovasi yang nantinya akan memiliki dampak terhadap kinerja perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh strategi inovasi dan kepemimpinan terhadap kinerja pelaku Usaha Kecil dan Menengah Kerajinan Songket di Sumatera Barat. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis serta implikasi manajerial mengenai langkah yang harus diambil oleh usaha kecil menengah untuk meningkatkan kinerja perusahaannya melalui orientasi kepemimpinan dan strategi inovasi. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 119 pelaku usaha UKM Kerajinan Songket yang ada di Sumatera Barat. Data dari responden tersebut kemudian dianalisis kesesuaiannya dengan model penelitian yang dikembangkan dari kerangaka teoritis menggunakan analisis konfirmatori SEM. Dari hasil analisis terlihat bahwa kedua hipotesis diterima. Strategi inovasi terbukti berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan dan Orientasi kepemimpinan terbukti berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. 

Article Details

How to Cite
Aryono, I., & Tresani, N. (2022). Kajian Pengaruh Strategi Inovasi dan Kepemimpinan terhadap Peningkatan Kinerja (Studi Kasus: Usaha Kecil Menengah Kerajinan Songket Sumatera Barat). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(1), 85–88. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i1.16360
Section
Articles
Author Biographies

Ikvan Aryono, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Nurahma Tresani, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

References

Davila, A., Epstein, M. J., & Shelton, R. (2006). Making innovation work: How to manage it, measure it, and profit from it. Pearson Education, Inc.

Haryanti, D. M., & Hidayah, I. (2018). Potret UMKM Indonesia: Si kecil yang berperan besar. UKM Indonesia. https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/62

Hatmoko, J. U. D. (2000). Persepsi pimpinan BUMN terhadap elijibilitas balanced scorecard sebagai sistem penilaian kinerja perusahaan [Universitas Diponegoro]. http://eprints.undip.ac.id/9310/1/2000MM460.pdf

Jennings, P., & Beaver, G. (1997). The performance and competitive advantage of small firms: A management perspective. International Small Business Journal, 15(2), 63–75. https://doi.org/10.1177/0266242697152004

Miles, M. P., Covin, J. G., & Heeley, M. B. (2000). The relationship between environmental dynamism and small firm structure, strategy, and performance. Journal of Marketing Theory and Practice, 8(2), 63–78. https://doi.org/10.1080/10696679.2000.11501869

Soeharto, S. M., & Mansoer, F. W. (1996). Strategies of BUMN sector management: Management evaluation and supervision. Kelola, 5(13), 11–34. http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/detail.php?dataId=8171