Pengaruh Celebrity Endorser dan Media Sosial Youtube Sebagai Sarana Cyber Branding Terhadap Keputusan Pembelian Neo Coffee

Main Article Content

Julia Stefani
Ahmad Junaidi

Abstract

In a marketing environment, effective communication is the most important thing that can bring the company achieved a history of success. The companies compete with each other as well as to seek a variety of things to do to promote their brands. Some examples include using celebrity endorser and make social media as a means of cyber branding youtube to promote their products. Currently we are in the era of technology and communications are growing very fast and are not restricted by time and space. By doing so, consumers are also increasingly selective in their choice of products, respectively. This study aimed to determine the effect of celebrity endorser and YouTube social media as a means of cyber branding on purchase decisions Neo Coffee. The method used is quantitative research methods. The samples used in this study were 75 people who are members of the NCT fandom in Instagram. Analysis of the data in this study using Validity Test, Test The reliability, Normality Test, Test Multiple Regression Analysis and Testing Hypotheses. Based on this research, it was found that the existence of significant influence and a strong hubungat between celebrity endorser and YouTube social media on purchasing decisions Neo Coffee.

Dalam lingkungan pemasaran, komunikasi yang efektif merupakan hal terpenting yang dapat membawa perusahaan mencapai suatu kesusksesan. Perusahaan-perusahaan saling bersaing satu sama lain serta mengupayakan berbagai macam hal yang dapat dilakukan demi mempromosikan merk mereka. Beberapa contoh diantaranya adalah dengan menggunakan celebrity endorser dan menjadikan media sosial youtube sebagai sarana cyber branding untuk mempromosikan produk mereka. Saat ini kita sedang berada di dalam era teknologi dan komunikasi yang berkembang sangat cepat serta tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Dengan begitu, konsumen juga semakin selektif dalam menentukan produk pilihan mereka masing- masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan media sosial youtube sebagai  sarana cyber branding terhadap keputusan pembelian Neo Coffee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 orang yang merupakan anggota fandom NCT di Instagram. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Analisis Regresi Berganda, dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa adanya pengaruh signifikan dan hubungat yang kuat antara celebrity endorser  dan media sosial youtube terhadap keputusan pembelian Neo Coffee.

Article Details

How to Cite
Stefani, J., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Media Sosial Youtube Sebagai Sarana Cyber Branding Terhadap Keputusan Pembelian Neo Coffee. Prologia, 4(2), 426–434. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6910
Section
Articles

References

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, edisi ke 3. Jakarta :

Erlangga.

Pandrianto, Nigar., dan Sukendro, Gregorius Genep. (2018). Analisis Strategi

Content Pesan Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi 10(2)