Pengaruh Daya Tarik Iklan Shopee di Televisi terhadap Minat Beli Berdasarkan Elaboration Likelihood Model di Lingkungan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMN Angkatan 2016

David Ricardo, Yugih Setyanto, Anto Sudarto
| Abstract views: 248 | views: 171

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of the attractiveness of Shopee Advertising on television on buying interest based on ELM in the Communication Sciences UMN Class of 2016. The research method used was quantitative, namely by using a statistical approach, a sample of 190 people. From the results of calculations using SPSS, it is known that the correlation coefficient (r) of 0.803 means that the influence between Ad Creativity, Attractiveness of Celebrity Endorser and Credibility of Celebrity Endorser on Buying Interest is very strong. The results showed 1) There was a significant influence between Advertising Creativity on Purchase Interest, this was evidenced by the results of the significance value in the T test of 0.00 <0.05; 2) There is no significant influence between the attractiveness of Celebrity Endorser on buying interest, this is evidenced by the results of the significance value in the T test of 0.123> 0.05; 3) There is a significant influence between the credibility of Celebrity Endorser on Purchase Interest, this is evidenced by the results of the significance value in the T test of 0.00 <0.05; 4) There is a significant influence of Advertising Creativity, Attractiveness of Celebrity Endorser and Credibility of Celebrity Endorser together on buying interest, this is evidenced by the significant value on the F test of 0.00 <0.05.

 

Tujuan penelitian untuk mengetahui  Pengaruh Daya Tarik Iklan Shopee Di Televisi Terhadap Minat Beli Berdasarkan ELM Di Lingkungan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMN Angkatan 2016. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif, yaitu dengan menggunakan pendekatan statistik, sampel yang digunakan sebanyak 190 orang. Dari  hasil  perhitungan  dengan  menggunakan  SPSS, diketahui nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,803 artinya pengaruh antara Kreativitas Iklan, Daya tarik dan Kredibilitas terhadap Minat Beli adalah sangat kuat.  Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Kreativitas Iklan terhadap Minat Beli, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi pada uji T sebesar  0,00  < 0,05; 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Daya tarik Celebrity Endorser terhadap Minat beli, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi  pada uji T sebesar  0,123 > 0,05;  3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Kredibilitas Celebrity Endorser terhadap  Minat Beli, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi pada uji T sebesar  0,00  < 0,05; 4) Terdapat pengaruh yang signifikan Kreativitas Iklan, Daya tarik dan Kredibilitas secara bersama-sama terhadap Minat beli, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan pada uji F sebesar 0,00 < 0,05.

Keywords

attractiveness of advertisements; buying interest; daya tarik; minat beli; Elaboration Likelihood Model

Full Text:

PDF

References

A, Shimp,Terence (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran.Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta: Erlangga.

Agus, I. (2014). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada Media.

Bungin, Burhan. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rajawali Pers.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multi variete dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro

Rakhmat,Jalaluddin. (2014) .Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaludin. (2015). Metode Penelitian Komunikasi.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan, (2016).Dasar-Dasar Statistika, Alfabeta, Bandung.

Savitri, S. A., Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Citra, Kredibilitas, dan Kemampuan Komunikasi Beauty Vlogger terhadap Keputusan Pembelian Produk Makeup Maybelline (Studi Kasus tasya Farasya). Prologia, 3(1). 267-273.

Saragih, D.V.C., Pangestuti, E., & Devita, L.D.R. (2018). Pengaruh Perceived Value, Celebrity Endorser dan Advertising terhadap Brand Attitude (Survei pada Mahasiswi Universitas Brawijaya Pengguna Kosmetik Wardah). Jurnal Administrasi Bisnis, 64(1), 2.

Sarjono, Haryadi., dan Julianita, Winda. (2011). SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Penerbit Salemba empat, Jakarta.

Sugiyono, (2014).Metode Penelitian Bisnis (MPB), Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono.Prof Dr. (2016) . Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Penerbit : New Media: a Critical Introduction, Second Edition, New York: Routledge.

Swastha, Basu. 2000. Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern, Jakarta : Liberty.

Copyright (c) 2020 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.