Analisis Komunikasi Pemasaran Go-Pay Melalui Promosi Cashback

Edwin Notowijoyo, Riris Loisa
| Abstract views: 357 | views: 274

Abstract

Promotion was a product of marketing communication, marketing activity which try to spreading an information, influance or persuade and reminding the targeting market so the product can be acceptable, bought, and loyal with the product. GO-PAY was one of a product of Fintech from GO-JEK, which is an inovation in a finance where money doesnt exist physicly but in a form of digital or electronic so the transaction could be easier. The purpose of this research was to know is cashback 20% was a strategy of marketing communication for GO-PAY or not. The research using the metode of qualitative descriptive with data collection technique from case study. The instrument was interview and documentation wih sr.Merchant Aquisition Executive from Consument Relation team and Owner of Indio Koffie. The result from the research was cashback was a promotion which GO-JEK use for promoting GO-PAY. The researcher suggesting so the next research with communication marketing basist could have the other metode to find a better product of communication marketing.

Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran, sebuah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk, dan mengingatkan pasar sasaran atas produknya agar diterima, dibeli dan loyal pada produknya. GO-PAY adalah sebuah produk Fintech dari GO-JEK, yaitu sebuah inovasi di dalam bidang jasa keuangan yang di mana uang secara fisik dijadikan bentuk digital atau elektronik dengan tujuan untuk memudahkan kegiatan transaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk engetahui apakah cashback 20% adalah strategi komunikasi pemasaran dalam memasarkan GO-PAY. Metode penelitian mengunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dari studi kasus. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi dengan narasumber yaitu sr.Merchant Acquisition Executive di tim  Consument Relation dan Owner dari Indio Koffie. Hasil penelitian didapati bahwa cashback merupakan promosi yang digunakan oleh GO-JEK dalam memasarkan GO-PAY. Peneliti menyarankan agar kedepannya penelitian berbasis komunikasi pemasaran memiliki penerapan lain untuk menemukan produk komunikasi pemasaran yang lebih baik.

Keywords

cashback; promotion; marketing communication

Full Text:

PDF

References

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajaemen Pemasasaran (ed. 13). Jakarta: Erlangga

Muhammad, As’adi. (2009). Cara Pintar Promosi Murah dan Efektif. Yogyakarta: Garailmu.

Moleong, Lexy J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Morrisan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran (ed. 4). Jakarta: Andi Publisher

Bungin, Burhan. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers

Philip Kotler. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prehallindo

Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta. Rineka Cipta

Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Bungin, Burhan H.M. (2007). Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi,

Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Imam Gunawan. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Moleong, J Lexy. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Santana, Septiawan. (2010). Menulis Ilmiah Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Setiadi, Nugroho J. (2008). Perilaku Konsumen, Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Emzir. (2014). Metodologi penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta : Rajawali Pers

Kapfere, J.N. (2012). The New Strategic Brand Management Advanced Insights and Strategic : Thinking (ed. 5). London, inggris: Kogan Page.

Kotler, P. Keller, K.L. (2012). Marketing Management (ed.14). New Jersey, Amerika: Prentice Hall.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Brannan. (2014). Integrated Marketing Communication, Memadukan Upaya Public Relation, Iklan, dan Promosi Untuk Membangun Identitas Merk. Jakarta: PPM Jakarta.

Morrisan. (2010). Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Prenada Media Group.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitataif (ed. Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Copyright (c) 2020 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.