Analisis Strategi Konten Dalam Meraih Engagement pada Media Sosial Youtube (Studi Kasus Froyonion)

Ricko Ricko, Ahmad Junaidi
| Abstract views: 139 | views: 141

Abstract

Penggunaan media baru semakin meningkat di tengah masyarakat, media baru pun berfungsi sebagai media sosial. Dengan pasar yang besar, media sosial menjadi peluang untuk menarik audiens yang besar dan luas. Penarikan audiens dilakukan melalui konten-konten yang diunggah di media sosial. Hal ini pun menarik banyak perusahaan maupun lembaga untuk terjun membuat konten di media sosial demi mencapai tujuan mereka dan kebutuhan audiens. Penelitian ini bertujuan untuk mencoba meneliti strategi konten yang dilakukan salah satu perusahaan yakni Froyonion dalam meraih engagement pada media sosial Youtube. Teori yang penulis gunakan sebagai landasan penelitian ini adalah teori new media, media sosial, konten, strategi konten dan komunikasi interpersonal. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Wawancara dilakukan terhadap 3 narasumber yaitu Creative Director Froyonion, ahli strategi konten, dan spesialis media sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi konten yang dilakukan Froyonion pada konten mereka telah berdasarkan perencanaan dengan pertimbangan-pertimbangan yang sesuai. Mulai dari pesan yang dilempar, strategi penyampaian, desain visual, target dan tolok ukur, hingga hal-hal teknis yang perlu dilakukan dalam media sosial Youtube

Keywords

Media sosial;strategi konten;engagement

Full Text:

PDF

References

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Putra Grafika

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Cangara, Hafied. 2017. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press

Creswell, J.W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar

Halvorson,K. 2009. Content Strategy for the Web, New Riders, Berkeley, CA.

Kotler, Phillip, Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management, 14th Edition. United States of America: Pearson

Marta, Rustono Farady., & William, Denise Monica. 2016. Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui Posting Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo! ( Analisis Eksplanatif pada Komunitas Food Blogger #WTFoodies). Jurnal Komunikasi, Volume 8, No: 1, Halaman 68-82

Moleong, L.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarta

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Umaima, Wahid. 2016. Komunikasi Politik: Teori, Konsep, dan Aplikasi Pada Era Media Baru. Indonesia: Simbiosa Rekatama Media. Bandung.

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.