Analisis Proses Personal Selling Pedagang Etnis Tionghoa di Blok B Pasar Tanah Abang
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses personal selling yang dilakukan oleh etnis Tionghoa, selaku etnis yang terkenal dengan kemampuannya dalam berdagang, di blok B pasar Tanah Abang yang merupakan pusat grosir terbesar di Asia Tenggara. Penelitian ini fokus pada proses personal selling, yang merupakan salah satu bauran komunikasi pemasaran untuk mengetahui secara mendalam bagaimana komunikasi personal dalam memasarkan produk, yang dilakukan pedagang etnis Tionghoa ke calon pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan ciri deskriptif. Metode yang digunakan adalah fenomenologi untuk melakukan wawancara mendalam kepada informan dan observasi non partisipan untuk mengamati secara langsung kegiatan personal selling yang dilakukan oleh pedagang etnis Tionghoa di Blok B pasar Tanah Abang. Dalam personal selling, terdapat 7 proses yang dimulai dari prospecting (memilih dan menilai prospek), preapproach (prapendekatan), approach (pendekatan), presentation & demonstration(presentasi dan demonstrasi), handling objections (mengatasi keberatan), closing(penutupan), hingga follow up (tindak lanjut). Dengan adanya penelitian ini, ditemukan hasil bahwa para pedagang etnis Tionghoa menjalankan seluruh tahap proses personal selling. Pendekatan komunikasi yang dilakukan oleh pedagang etnis Tionghoa di Blok B pasar Tanah Abang dalam proses personal selling sangat mendalam, mulai dari sekedar hubungan jual beli sampai dengan suatu hubungan yang lebih akrab (cultivation), yaitu salah satu sifat dari personal selling. Pernyataan kepuasan pelanggan akan pelayanan dalam proses personal selling menjadi salah satu faktor tetap eksisnya pedagang etnis Tionghoa akan kemampuannya dalam berdagang.
Article Details
References
https://news.detik.com/foto-news/d-3496448/pasar-tanah-abang-masih-yang-terbesar-di-asia-tenggara
https://tirto.id/kekuatan-perempuan-penopang-omzet-triliunan-rupiah-di-tanah-abang-cKVs
https://news.detik.com/adv-nhl-detikcom/d-2332168/tanah-abang-pusat-perdagangan-nusantara
https://nasional.kompas.com/read/2012/01/21/15493548/Ini.Alasan.Warga.Tionghoa.Memilih.Jadi.Pedagang
Kotler, P. & G. Armstrong. (2016). Principle of Marketing. New Jersey: Person
Prentice Hall.
Kusniadji, Suherman. (2017). Kontribusi Penggunaan Personal Selling Dalam Kegiatan Komunikasi Pemasaran Pada Era Pemasaran Masa Kini. Universitas Tarumanagara: Fakultas Ilmu Komunikasi.
Lexy, J Moleong. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Machfoedz, Mahmud (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta:
Cakra Ilmu.
Mukhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta: GP Press
Group
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV Pustaka
Setia
Seng, Ann Wang. (2008). Rahasia Bisnis Orang Cina. Makassar, PT Mizan
Publika
Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif,
dan Mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.
Nurullaili. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware (Studi Pada Konsumen Tupperware di Universitas Diponegoro). Universitas Diponegoro: Fakultas Ekonomi.