Analisis Eksternal Humas Kapendam Jaya TNI AD dalam Membangun Community Relations pada Generasi Milenial

Main Article Content

Yenny Octavia
Sinta Paramita

Abstract

Dalam rangka menjalankan salah satu fungsi utama TNI yakni, pertahanan, TNI menjalankan fungsi eksternal Humas yang dilaksanakan langsung oleh Penerangan Kodam (Pendam) Jaya TNI AD dibawah kepemimpinan Kristomei Sianturi, S.Sos., M.Si (Han) selaku Kapendam Jaya. Pendam sebagai bagian dari humas instansi pemerintahan tidak berfokus pada profit. Namun bagaimana menjalankan fungsi dari Humas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis aktivitas eksternal dari Humas TNI AD untuk menjalin hubungan terhadap generasi milenial dan kaitannya dengan fungsi eksternal Humas yaitu community relations. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, komunikasi kelompok, dan community relations. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif studi kasus secara deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara mendalam dengan Kapendam TNI AD dan wawancara terhadap empat jajarannya. Kesimpulan dari penelitian ini ialah aktivitas eksternal Humas yang dilakukan oleh Pendam Jaya TNI AD merupakan upaya untuk memupuk dan memperbaiki pondasi generasi milenial sebagai generasi yang akan dibutuhkan bangsa ini di kemudian hari.

Article Details

How to Cite
Octavia, Y., & Paramita, S. (2019). Analisis Eksternal Humas Kapendam Jaya TNI AD dalam Membangun Community Relations pada Generasi Milenial. Prologia, 2(2), 554–561. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3744
Section
Articles
Author Biographies

Yenny Octavia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Farleni, & Widyatmoko. (2017). Peran Public Relations Kepolisian Republik Indonesia Melalui Media Relations Dalam Membangun Citra Yang Lebih Baik. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara, 12-23.

hendro. (2018, November 22). Aster Panglima TNI: Generasi Muda Indonesia Perlu Miliki Mental Ideologi. Retrieved from indonews.id: http://indonews.id/artikel/17452/Aster-Panglima-TNI-Generasi-Muda-Indonesia-Perlu-Miliki-Mental-Ideologi/

Iriantara, Y. (2007). Community Relations: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kodam Brawijaya. (2014, January 22). Tugas Pokok Pendam. Retrieved from Kodam 5 Brawijaya: http://www.kodam5-brawijaya.mil.id/berita/detail/567/tugas-pokok-pendam.html

Kodam Jaya. (2018, Desember). Retrieved from Kodam Jaya/Jayakarta: https://kodamjaya-tniad.mil.id/

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putra, Y. S. (2016). Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 129.

Setyanto, Y. S., & Winduwati, S. S. (2016). Manfaat Public Relations dalam Membangun Reputasi Sekolah (Pemahaman Fungsi Public Relations di SMA 1 Tanjung Pandan Belitung). https://www.researchgate.net/publication/309854143_Manfaat_Public_Relations_dalam_Membangun_Reputasi_Sekolah_Pemahaman_Fungsi_Public_Relations_di_SMA_1_Tanjung_Pandan_Belitung (p. 10). Sumatera Barat: Research Gate.

TNI AD. (n.d.). Peran, Fungsi dan Tugas. Retrieved from Website TNI AD: https://tni.mil.id/pages-2-peran-fungsi-dan-tugas.html