Analisis Employee Relations melalui Training dalam Membangun Loyalitas Karyawan (Studi pada Karyawan Divisi Teknik PT. Pelita Air Service)

Syannaz Berliana Herpridjihan, Lusia Savitri Setyo Utami
| Abstract views: 142 | views: 210

Abstract

One of the functions of Public Relations is to establish harmonious relationships, both internal and external. Internal relationships in the form between the company and employees or employees and employees. Employee relations (internal relations) is an internal relationship maintained by the company so that employees feel comfortable, cared for by the company so that in the end it will generate a sense of loyalty towards the company itself. One of the employee relations methods used by PT. Pelita Air Service is through training and development in the form of overseas schools. To analyze the data, this research uses the case study method (single instrumental case study) by conducting in-depth interviews, observation, library research and online data search. Therefore this research is expected to be a reference in building employee loyalty through training programs. The results of this study indicate that PT. Pelita Air Service has conducted training programs and provided official ties as employee relations and has generated a high level of loyalty towards its employees.

Salah satu fungsi Public Relations adalah untuk menjalin hubungan yang harmonis, baik internal atau pun eksternal. Hubungan internal berupa antara perusahaan dengan karyawan ataupun karyawan dengan karyawan. Employee relations (hubungan karyawan) merupakan hubungan internal yang di jaga oleh perusahaan hal ini agar karyawan merasa nyaman, diperhatikan oleh perusahaan hingga pada akhirnya akan menghasilkan rasa loyalitas terhadap perusahaan itu sendiri. Salah  satu cara employee relations yang di gunakan oleh PT. Pelita Air Service adalah dengan training (pelatihan)  dan pengembangan berupa sekolah ke luar negeri. Untuk menganalisa data, penelitian ini menggunakan metode studi kasus (single instrumental case study) dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, studi kepustakaan dan penelusuran data online. Oleh karenanya penelitian ini diharapkan akan menjadi acuan dalam membangun rasa loyalitas karyawan melalui program training. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Pelita Air Service sudah melakukan program training training dan memberikan ikatan dinas sebagai employee relations dan menghasilkan rasa loyalitas cukup tinggi terhadap karyawannya.

Keywords

employee loyality; employee relations; public relations; training

Full Text:

PDF

References

Creswell, J.W. (2013), Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, ed 3. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar

Dessler, Gary. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta Barat : Indeks

Gaol, CHR. Jimmy L. 2014. A to Z Human Capital (Manajemen Sumber Daya Manusia) Konsep, Teori, dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik dan Bisnis, PT. Gramedia Widiasarana, Jakarta.

Hanggraeni, Dewi. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Istijanto. 2005. Riset Sumber Daya Manusia Cara Praktis Mendekati Dimensi-Dimensi Kerja Karyawan. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Noor. Juliansyah, 2011, Metodologi Penelitian, Prenada Media Group, Jakarta

Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi.Jakarta : Rajawali Pers

Suhendi, H., Anggara, S. (2010). Perilaku Organisasi, Bandung : C.V. Pustaka Setia

Widjaja. 2010. Komunikasi : Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta : Bumi Aksara

Prita Kemal Gani. (2014, Juni 3). Employee Relations. Diakses pada 15 Desember 2019, http://www.lspr.edu/pritakemalgani/employee-relations/

Copyright (c) 2020 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.