Public Relations Perusahaan Industri Musik dalam Mempertahankan Reputasi (Analisis terhadap DX Entertainment JKT48)

Shani Indira Natio, Sinta Paramita
| Abstract views: 543 | views: 816

Abstract

Reputation is an important factor in maintaining a company's success. Having a good reputation means that the company will get many benefits, one of them is consuments loyalty. The existence of Public Relations is the spearhead to maintain the reputation, image, and public trust that will have a positive effect on the company's sustainability. The purpose of this research is to know the efforts of DX Entertainment Public Relations in Maintaining JKT48 Reputation. The theory used in this research is communication theory, public relations, and reputation. The research method uses qualitative with case studies. Data collection methods are obtained through interviews, participant observation , library research, and online data search. Research results show that DX Entertainment applied nine reputation management and public relations have significant influence on JKT48's reputation.

Reputasi merupakan faktor penting dalam mempertahankan kelangsungan hidup suatu perusahaan. Memiliki reputasi yang baik akan mendapatkan lebih banyak keuntungan salah satunya loyalitas konsumen. Adanya Public Relations menjadi ujung tombak untuk menjaga reputasi, image, dan kepercayaan publik yang akan memberikan efek positif bagi kelanjutan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya Public Relations DX Entertainment Dalam Mempertahankan Reputasi Grup Musik JKT48.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, public relations dan reputasi.Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan studi kasus.Metode pengumpulan data didapatkan melalui hasil wawancara, observasi partisipan, studi pustaka, dan penelusuran data online.Hasil penelitian menunjukan bahwa DX Entertainment mengangkat sembilan manajemen reputasi dan public relations memiliki pengaruh yang signifikan terhadap reputasi JKT48.

Keywords

dx entertainment; public relations; reputation

Full Text:

PDF

References

Ardianto, Elvinaro. (2011). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Danandjaja.(2011). Peranan Humas dalam Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gassing, Syarifuddin S. dan Suryanto.(2016). Public Relations. Yogyakarta: Andi Offset.

Iriantara, Yosal dan A. Yani Surachman.(2014). Public Relations Writing Pendekatan Teoretis dan Praktis. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna.(2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Aryani, Destria. (2018, 27 April). Mengapa Banyak Orang Yang Tergila-gila Dengan JKT48?.Agustus 18, 2019.

https://id.quora.com/Mengapa-banyak-orang-yang-tergila-gila-dengan-JKT48

Fernandez, Fritz. (2019, Oktober 31).Wawancara pribadi.

Baeha, Putri Ashita. (2019, Oktober 21).Wawancara pribadi.

Fitriyanti, Feni. (2019, November 21). Wawancara pribadi.

Habibie, Muhammad Rezza. (2019, November 21). Wawancara pribadi.

Copyright (c) 2020 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.