Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan di PT. Bach Multi Global

Evita Evita, Yugih Setyanto
| Abstract views: 85 | views: 90

Abstract

PT. Bach Multi Global adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan, pemeliharaan, dan perbaikan generator set untuk perusahaan telekomunikasi di Indonesia seperti Telkomsel, XL, dan Indosat. Generator set yang dijual digunakan untuk tower base transceiver station (BTS) pada perusahaan telekomunikasi tersebut. Seiring berjalannya waktu, Penjualan genset pada BTS mulai menurun. Untuk dapat bertahan PT. BMG  perlu meningkatkan jumlah pelanggan ke sektor lain seperti, ritel, perbankan, konstruksi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi marketing public relations, aktivitas public relations serta bagaimana cara meningkatkan jumlah pelanggan di PT. Bach Multi Global (BMG) . Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui data yang diperoleh dengan wawancara pihak perusahaan yaitu CEO lalu, marketing public relations dan juga pelanggan-pelanggan dari perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT.Bach Multi Global telah menerapkan strategi marketing public relations yaitu kegiatan nya adalah menawarkan layanan after sales kepada customer, promosi iklan, dan sales call ke kantor-kantor.

Keywords

Strategi Marketing; Public Relations; Marketing Public Relations

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cutlip, Scott M. (2007). Effective Public Relations Edisi 9. Jakarta : Kencana.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung dosen pembimbing serta Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara.

Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta:Bumi Aksara.

Hindle, Tim dan Thomas, Michael. (2004). Seri Intisari Manajemen Pemasaran terjemahan Damiano Q. Roosmin. Jakarta : Gramedia.

Jefkins, Frank. (2003). Public Relations Edisi kelima, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Jefkins, Frank. (2004). Public Relations. Jakarta : Erlangga.

Moleong, Lexy. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods. Third Edition. California: Sage Publications.

Ruslan, Rosadi. (2002). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosadi. (2008). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers.

Ruslan, Rosadi. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono,(2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

West, Richard, Lynn H. Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Edisi 3 Buku 1. Terjemahan Maria Natalia.

West, Richard, Lynn H. Turner. (2010). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Edisi 3 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.