Strategi Marketing Media Cetak di Era Digital (Studi pada Majalah Sindo Weekly)

Desi Natalia, Muhammad Gafar Yoedtadi
| Abstract views: 377 | views: 250

Abstract

Development of the media today is very fast and fierce as well as increasingly fierce competition. The internet is one technology that can change the world view pattern. Consumers use the internet as a means of finding and getting the most up-to-date news. It is estimated that consumers access news through the internet every week. To be able to survive in this digital age, the right marketing strategy is needed. Marketing also helps in helping life magazines. One magazine that can still survive today is Sindo Weekly magazine. Sindo Weekly is a subsidiary of MNC Group which is still active in magazine printing and is sheltered by PT Hikmat Makna Aksara as a publisher. Sindo Weekly can survive using the media convergence strategy of having online and print editions. In addition, using media convergence, there are also several marketing strategies that are used to survive in the digital age. The marketing strategy used by Sindo Weekly is to use a mixed marketing strategy (product, price, promotion and promotion). This magazine has a special purpose which is to find out the types of marketing strategies used by Sindo Weekly magazine in the digital age. Using descriptive qualitative research to produce data from trusted informants. Data collection used in this research is to study case studies reporting comparative studies, field observations and literature studies. Researchers conducted interviews with speakers and observations with PT Hikmat Makna Aksara and used literature studies to obtain data such as company history, vision and mission and data in general. Researchers also use data analysis techniques to obtain in-depth information about research topics and also provide research to obtain important data. The core of this research is the Sindo Weekly marketing strategy magazine to survive in the digital era, namely media convergence and marketing strategies (products, prices, promotions, distribution).

Perkembangan media saat ini sangat pesat dan disertai juga persaingan yang semakin ketat. Internet merupakan salah satu teknologi yang dapat merubah pola pandangan dunia. Pengguna internet menggantungkan pada situs untuk memperoleh berita. Dua sampai tiga pengguna internet mengakses situs untuk mendapatkan berita terbaru setiap minggunya. Untuk dapat bertahan di era digital ini dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Marketing juga berperan dalam membantu kehidupan majalah. Salah satu majalah yang masih bisa bertahan saat ini adalah majalah Sindo Weekly. Sindo Weekly merupakan salah satu anak perusahaan dari MNC Group yang masih aktif dalam percetakan majalah dan dinaungi oleh PT Hikmat Makna Aksara sebagai penerbit. Sindo Weekly dapat bertahan dikarenakan menggunakan strategi konvergensi media yaitu memiliki edisi online dan edisi cetak. Selain, menggunakan konvergensi media, terdapat juga beberapa strategi marketing yang digunakan untuk bertahan di era digital. Strategi pemasaran yang digunakan Sindo Weekly yaitu menggunakan strategi marketing mix (produk, harga, promosi dan promosi). Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi marketing majalah Sindo Weekly di era digital. Menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif untuk menghasilkan data dari narasumber terpercaya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan  pendekatan studi kasus yaitu dengan metode wawancara, observasi dan studi literatur. Peneliti melakukan wawancara dengan narasumber dan observasi dengan mengunjungi PT Hikmat Makna Aksara serta menggunakan studi literatur untuk mendapatkan data seperti sejarah perusahaan, visi dan misi dan data pada umumnya. Peneliti juga menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dengan tujuan agar dapat memudahkan peneliti untuk mengutip data yang penting. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang digunakan Sindo Weekly untuk bertahan di era digital yaitu konvergensi media, strategi produk, strategi harga, strategi promosi dan strategi distribusi.

Keywords

marketing mix strategy; media convergence; print media competition; sindo weekly magazine

Full Text:

PDF

References

Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Refika Offset.

Bungin, B. (2010). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijikan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Moleong, Lexy. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Widarmanto, T. (2017). Pengantar Jurnalistik. Yogyakarta: Araska

Wijatno, S. (2009). Pengantar Entrepreneurship. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ruslan, R. (2017). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Agustinova, Danu.E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Yogyakarta: Calpulis.

Iskandar, Dudi. (2018). Konvergensi Media Perbauran Ideologi, Politik, dan Etika Jurnalisme. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Angia, Tulandi. R., Kawet, Lotje,. & Ogi, Imelda. (2015). Analisis Pengaruh Strategi Promosi, Harga dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Surat Kabar Manado Post. September 02, 2019. Terarsip di: file:///C:/Users/Desi%20Natalia/Documents/FOLDER%20SKRIPSI/pengaruh%20strategi%20promosi,%20harga.pdf

Prihartono, Anton.W. (2016). Surat Kabar & Konvergensi Media (Studi Deskriptif Kualitatif Model Konvergensi Media Pada Solopos). Channel 4(1):105-116.

https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2017/MEDIA-CETAK-MAMPU-MEMPERTAHANKAN-POSISINYA/

file:///C:/Users/Desi%20Natalia/Documents/FOLDER%20SKRIPSI/Majalah.pdf

Copyright (c) 2020 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.