Komunikasi Eksternal Marketing Public Relations Dalam Membangun Citra Positif Perusahaan (Studi Kasus pada PT Sasa Inti)

Main Article Content

Aurelia Thomas
Roswita Oktavianti

Abstract

Public Relations contributes to the marketing efforts of a company in fostering external relations. MPR is needed to become a bridge between product sales and the creation of a corporate image. In this research, the researcher tries to explain more deeply about how MPR external communication carried out by one of the fast-moving consumer good (FMCG) companies, namely PT Sasa Inti, in building a positive image. This study aims to see how MPR's external communication practices in building a positive image of the company through several forms of communication, programs, strategies and techniques that are able to support in influencing the public as well as realizing consumer loyalty. This research uses a qualitative approach with a case study method. The case study was conducted at PT Sasa Inti Jakarta. Data collection was carried out by interviewing techniques which were conducted face-to-face by applying the Covid-19 health protocol, observation, namely non-participant observation through a website visit and documentation in the form of photo awards obtained by this company. The MPR external communication carried out by PT Sasa Inti in building a positive image occurs reciprocally, namely communicating from the organization to the audience and vice versa, such as dealing with customers, communities and government.

 

Public Relations berkontribusi dalam upaya marketing sebuah perusahaan dalam membina hubungan eksternal. Marketing Public Relations (MPR) Sangat dibutuhkan untuk menjadi jembatan antara penjualan produk dan penciptaan citra perusahaan. Di dalam penelitian ini, peneliti berusaha menjelaskan lebih dalam mengenai bagaimana komunikasi eksternal MPR yang dilakukan salah satu perusahaan barang konsumen yang bergerak cepat atau fast moving consumer good (FMCG) yaitu PT Sasa Inti dalam membangun citra positif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana praktik-praktik komunikasi eksternal MPR dalam membangun citra positif perusahaan melalui beberapa bentuk komunikasi, program, strategi maupun teknik yang mampu mendukung dalam mempengaruhi publik sekaligus mewujudkan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Studi kasus dilakukan pada PT Sasa Inti Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara yang dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, observasi yaitu non-participant observation melalui website visit dan dokumentasi berupa foto penghargaan yang didapat oleh perusahaan ini. Komunikasi eksternal MPR yang dilakukan PT Sasa Inti dalam membangun citra positif  terjadi secara timbal balik yaitu berkomunikasi dari organisasi kepada khalayak dan sebaliknya, seperti berhubungan dengan pelanggan, komunitas dan pemerintah.

Article Details

How to Cite
Thomas, A., & Oktavianti, R. (2021). Komunikasi Eksternal Marketing Public Relations Dalam Membangun Citra Positif Perusahaan (Studi Kasus pada PT Sasa Inti). Prologia, 5(2), 362–368. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10214
Section
Articles
Author Biographies

Aurelia Thomas, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Roswita Oktavianti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Kompas.com (20 Juni 2021). Diakses dari https://money.kompas.com/read/2020/05/10/091500226/perekonomian-indonesia-pasca-pandemi-covid-19?page=all

Maryam. (2017). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Tamu Hotel Pantai Marina Bengkalis. Jom FISIP, 4(2) 3-6.

Pradnyana & Sriwahyuni (2014). Pengaruh Komunikasi Internal dan Komunikasi Eksternal Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pacific Express Garment Denpasar. Proseding Seminar Nasional Hasil Penelitian-Denpasar, 132-135.

Suwatno. (2018). Pengantar Public Relations Kontemporer. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.