Pengaruh Brand Image E-Commerce Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Pelanggan Tokopedia)

Main Article Content

Valensia Alvionita Wijaya
Roswita Oktavianti

Abstract

Majunya perkembangan teknologi juga diikuti dengan majunya media online. Kini media online tidak hanya digunakan untuk mencari informasi saja, melainkan merupakan suatu lapak bisnis (e-commerce). Salah satu e-commerce yang dikenali oleh masyarakat yaitu Tokopedia. Penelitian dengan judul “Pengaruh Brand Image E-commerce Tokopedia terhadap Minat Beli Konsumen”, memiliki rumusan masalah apakah terdapat Pengaruh Brand Image e-commerce Tokopedia terhadap Minat Beli Konsumen. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh brand image e-commerce Tokopedia terhadap Minat Beli Konsumen. Konsep yang digunakan pada penelitian ini adalah konsep brand image dan juga konsep minat beli. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dari penelitian diperoleh hasil regresi linear yaitu Y=1,827 + 0,754X dan tingkat signifikasi 0,000 yang berarti menyatakan adanya pengaruh yang signifikan antara brand image e-commerce Tokopedia terhadap minat beli konsumen. Pengaruh brand image e-commerce Tokopedia Terhadap Minat Beli Konsumen dikatakan sangat kuat, dibuktikan oleh uji koefisien korelasi sebesar 0,836

Article Details

How to Cite
Wijaya, V. A., & Oktavianti, R. (2019). Pengaruh Brand Image E-Commerce Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Pelanggan Tokopedia). Prologia, 2(2), 531–537. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3740
Section
Articles
Author Biographies

Valensia Alvionita Wijaya, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Roswita Oktavianti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ferrinadewi. (2008). Merek & Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ginting, I. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Maskapai Penerbangan Air Asia sebagai Low Cost Carrier. Jurnal Mahasiswa Manajemen Universitas Tanjungpura, 6(2):1-14.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.

Lusia, S. S. U, Yugih, S., & Septia, W.(2016). Strategic Public Relations In Building Brand Image Eco-Tourism Lombok. E-Proceeding Comicos Published by Faculty of Social and Political Sciences Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Morissan. (2015). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ningrum, I. T. (2016). Pengaruh Event Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Rokok Sampoerna A Mild Pada Pt. Hm Sampoerna Area Marketing Surabaya. Jurnal Manajemen Kinerja Universitas Narotama Surabaya, 2(1):57-69.

Rangkuti, F. (2004). The Power of Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.