Kreativitas Dan Budaya (Studi Kasus Creative Director Etnis Tionghoa Dalam Industri Peri-klanan)

Main Article Content

Tashya Elvira Agatha
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Etnis Tionghoa erat hubungannya dengan sikap ataupun perilaku yang berkaitan dengan diri mereka dan kelompok lain. Kreativitas dan budaya dari Creative Director beretnis Tionghoa dalam industri periklanan dianggap sebagai seseorang beretnis Tionghoa yang kreatif terutama dalam berkreasi di industri periklanan. Bila dikaitkan, latar belakang pengajaran Tionghoa pun memiliki peran dalam pembentukan pribadi kreatif. Penelitian ini melihat keterkaitan antara budaya (pengajaran, etos kerja) Tionghoa yang dimiliki oleh Creative Director dengan kehidupan kreatifnya terutama dalam menjalani peranannya. Teori yang mendasari antara lain, Teori Filsafat Manusia, Teori Etnis, Etnis Tionghoa di Indonesia, Teori Individu Kreatif, Teori Pembentukan Pribadi Kreatif, Teori Periklanan, Creative Departement, Creative Director.  Penelitian bergaya kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan metode studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara mendalam kepada mereka, Creative Director beretnis Tionghoa yang kreatif. Sedangkan, data sekunder diperoleh melalui literatur dan dokumen-dokumen. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa budaya dari Etnis Tionghoa berkontribusi dalam pembentukan dan proses terciptanya sustu pribadi creative Director yang kreatif.

Article Details

How to Cite
Agatha, T. E., & Sukendro, G. G. (2019). Kreativitas Dan Budaya (Studi Kasus Creative Director Etnis Tionghoa Dalam Industri Peri-klanan). Prologia, 2(2), 518–524. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3738
Section
Articles
Author Biographies

Tashya Elvira Agatha, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Fitrawan,Nur. (2011_. Skripsi Etika agama etnis tionghoa dalam peningkatan ekonomi di kel. Melayu baru kec. Gajo kota Makassar

Herawati, Anita. Jurnal Persepsi Creative Director Tentang Penggunaan Budaya dalam Kreatif Iklan pada Merek Global (Studi Kasus Persepsi Tentang Penggunaan Budaya Universal dalam Iklan TVC Oreo Ice Cream Flavor di Indonesia dan Arab Saudi dari Sudut Pandang Creative Director Biro Iklan di Yogyakarta)

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya

Seng, Ann Wan. (2008). Rahasia Bisnis Orang Cina. Cet. VIII. Jakarta: Hikmah (PT Mizan Publika)

Sukendro, G. Genep (2017). Kreativitas Indonesia: Analisis Iklan Pariwisata Indonesia “Pesona Indonesia” Jakarta: Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sidoarjo - Indonesia

Suryadinata, Leo. (2005). Pemikiran Politik Etnis Tionghoa Indonesia. LP3ES. Jakarta.

Tumanggor, Rusmin. Dkk . (2010). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Kencana. Jakarta.

W. Gulo, (2010). Metode Penelitian