Pemanfaatan Media Sosial Instagram oleh Endorser dalam Membangun Citra Diri

Main Article Content

Revina Saputera
Daniel Tamburian

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan media sosial Instagram oleh endorser dalam membangun citra diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Instagram dapat membuat orang menjadi terkenal, untuk mengetahui perkembangan endorser di Jakarta, dan untuk mengetahui bagaimana mereka mencari keuntungan lewat karya-karya kreatif yang di upload. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi dengan sejumlah narasumber serta dokumentasi. Metode teknik pengabsahan data menggunakan metode triangulasi yang berarti menggabungkan dari data-data yang ada dengan narasumber yaitu Endorser dan Followers. Hasil dari penelitian ini adalah Endorser dapat membangun citra diri dari Instagram karena Endorser memiliki kepribadian dan keunikan sehingga menjadi prestasi yang digemari oleh publik dan memiliki popularitas yang tinggi. Keuntungan yang didapat oleh Endorser juga tidak hanya popularitas melainkan keuntungan materi.

Article Details

How to Cite
Saputera, R., & Tamburian, D. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram oleh Endorser dalam Membangun Citra Diri. Prologia, 2(2), 473–479. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3732
Section
Articles
Author Biographies

Revina Saputera, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi 

Daniel Tamburian, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi 

References

Atmoko, Bambang Dwi. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Jefkins, Frank. (2004). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Masmuh. Abdullah. (2008). Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Teori dan Praktik. Malang: UMM Press.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rakhmat, Jalaluddin. (2001). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. (2007). Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Romli, Khomsahrial. (2014). Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta: PT Grasindo.

Shimp, Terence. (2003). Periklanan promosi. Jakarta: Erlangga.

Straubhaar, J., LaRose, R. & Davenport R. (2000). Media Now: Communication Media In The Information Age. Belmont USA: Wadsworth/Thomson Learning.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Eko Harry. (2016). Komunikasi Manusia. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

West, Richard, Lynn H. Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.

Marta, R., & Monica William, D. (2017). Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui Posting Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo!. Jurnal Komunikasi, 8(1), 68-82. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/50/53

journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/download/3533/2603

http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27855

http://e-journal.uajy.ac.id/10325/1/0EA19694.pdf

http://wow.tribunnews.com/2017/07/21/marshall-mcluhan-di-google-doodle-sosok-filsuf-yang-prediksikan-lahirnya-internet?page=all

http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/7737/5328

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/10340027/riset-ungkap-pola-pemakaian-medsos-orang-indonesia

https://www.viva.co.id/digital/digilife/1006744-media-sosial-pilihan-influencer-apa-saja

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170406084102-277-205330/survei-instagram-media-sosial-paling-narsis