Kreativitas Ide Pahlawan Sejati (Iklan Bukalapak Tahun 2016)

Main Article Content

Hansen Hindharta
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Pahlawan merupakan suatu bentuk aktivitas yang dinyatakan banyak orang sebagai kerelaan berkorban dalam suatu kegiatan. Namun masyarakat masih banyak yang mengira bahwa pahlawan harus dalam konteks aktivitas yang heroik dan ada unsur pertumpahan darah. Pada nyatanya aktivitas pahlawan dapat ditemukan pada percintaan. Dalam penelitian ini tentu akan membahas terkait kreativitas ide iklan Pahlawan Sejati yang mengangkat konsep Pahlawan Percintaan yang rela mengorbankan perasaannya demi kebaikan perempuan yang sang laki-laki sayangi sejak kecil. Pahlawan menurut W.J.S Poerwadarminta yang ditulis pada Kamus Besar Bahasa Indonesia 2006:695 adalah seseorang atau pejuang yang gagah berani (Majalah ARSIP Edisi 64 2014 :14). Penelitian ini pula ingin mengetahui bagaimana sang sutradara memiliki ide tersebut dan mem-breakdown-nya, hingga menemukan ide pahlawan percintaan yang penuh dengan ikhlasan hati. Kesimpulannya bahwa wujud atau sosok pahlawan saat ini tidak harus menunjukkan sikap heroik dan angkat senjata untuk membela suatu hal.

Article Details

How to Cite
Hindharta, H., & Sukendro, G. G. (2019). Kreativitas Ide Pahlawan Sejati (Iklan Bukalapak Tahun 2016). Prologia, 2(2), 347–354. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3599
Section
Articles
Author Biographies

Hansen Hindharta, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Arsip Edisi 64. (2014). Nilai-Nilai Kepahlawanan. Jakarta: Arsip Nasional

Republik Indonesia.

Hadiwijono, Harun. (2001). Sari Sejarah Filsafat Barat 2. Yogyakarta: Kanisius.

Moleong, Lexy J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, E. (2016). Dinamika Pesan Iklan. Jurnal Komunikasi, 6 (2), 1-9. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/28