Pengaruh Kualitas Pesan Iklan dan Kreativitas Iklan Terhadap Daya Tarik Iklan “Udah Waktunya Pake GO-JEK – Vertibokek”

Vincent Eka Saputra, Widyatmoko Widyatmoko
| Abstract views: 23 | views: 24

Abstract

Pada jaman yang serba modern ini, masyarakat sangat membutuhkan internet untuk mengakses berbagai informasi terutama melalui media sosial seperti youtube. Bukan hanya itu saja, berbagai macam iklan sudah dapat kita temukan di berbagai media sosial. Dalam dunia perbisnisan, iklan dipakai untuk melakukan sebuah promosi, mereka berlomba-lomba dalam menciptakan suatu iklan yang unik, menarik, dan membuat orang akan mengingat atau mengenali iklan tersebut. Inti penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pesan Iklan dan Kreativitas Iklan Terhadap Daya Tarik Iklan “Udah Waktunya Pake GO-JEK – Vertibokek”. Teori  yang digunakan adalah teori kualitas pesan iklan, teori kreativitas iklan, dan teori daya tarik iklan. Menggunakan metode kuantitatif dengan teknik sampling nonprobability sampling dan teknik pendekatan purposive sampling. Populasi pada penelitian berjumlah 975.000 penduduk Jakarta Barat yang berumur 20-40 tahun dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Uji instrument menggunakan uji asumsi klasik. Setelah itu, dilakukan analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan regresi berganda, serta uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pesan iklan dan kreativitas iklan mempengaruhi secara positif dan signifikan daya tarik iklan “Udah Waktunya Pake GO-JEK – Vertibokek. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa kreativitas iklan memiliki pengaruh paling besar terhadap daya tarik suatu iklan

Keywords

Kualitas Pesan Iklan; Kreativitas Iklan; Daya Tarik Iklan

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik. (2017). Presentase penduduk Jakarta Barat menurut kelompok umur dan jenis kelamin 2017. Jakarta: BPS.

Handoko, R.S. (2006). Analisis Pengaruh Kredibilitas Endorser dan Kreativitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Yang Mempengaruhi Sikap Terhadap Merek (Studi Kasus Iklan Televisi pada Konsumen Sepeda Motor Honda di Kota Semarang). Tesis. Semarang: Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip., & Gary, Armstrong. (2008). Principle of Marketing. New Jersey: Prentice Hall. Inc.

Indiarto, Fidelis. (2006). Studi Mengenai Faktor Kekhawatiran dalam Proses Penyampaian Pesan Iklan, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. (3), 243-268.

Nazir, Mohammad. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Situmorang, James. R. (2008). “Mengapa Harus Iklan”. Jurnal Administrasi Bisnis. 4(2), 188-200.

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.