Pemanfaatan Media Sosial dalam Mempertahankan Citra Perusahaan PT. Sumber Kreasi Cipta Pratama

Main Article Content

Jocellyne Stephanie Hung
Yugih Setyanto

Abstract

Social media has become one of the most important strategic tools for building and maintaining a company’s reputation, Calbi brand’s owner, PT. Sumber Kreasi Cipta Pratama, mostly uses Instagram and TikTok as their primary social media platforms. The purpose of the research is to analyze the implementation of PR strategy based on the phases of research, planning, communication–action, and evaluation. The research methodology used qualitative using a case study method,. Information was collected via interviews, documentation, observation, and literature reviews. According to the findings, the business conducts extensive research to understand consumer behavior and ensures that the uploaded content complies with each platform’s requirements. Promotion, entertainment, and influencer partnerships are all used in content planning to increase brand awareness. Through social media capabilities, the business keeps up active engagement in its operations and immediately responds to client complaints and questions. Consumer feedback and content performance are analyzed regularly to show improved customer loyalty, engagement, and brand awareness. Calbi is successfully creating an excellent brand reputation because of PT. Sumber Kreasi Cipta Pratama’s social media–based PR strategy, also keeps the business competitive in the market.


Media sosial saat ini telah menjadi salah satu alat strategis yang penting dalam membangun dan mempertahankan citra perusahaan. PT. Sumber Kreasi Cipta Pratama, pemilik merek Calbi, memanfaatkan media sosial Instagram dan Tiktok sebagai platform utama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi PR berbasis tahapan Research, Planning, Communication – Action, dan Evaluation. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penulis mengumpulkan data dengan studi pustaka, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan melakukan riset mendalam untuk memahami perilaku audiens, sehingga konten yang diunggah sesuai dengan karakteristik masing – masing platform. Dalam pelaksanaannya, perusahaan menjaga interaksi aktif melalui fitur media sosial, memberikan respons cepat terhadap pertanyaan dan keluhan konsumen. Evaluasi rutin dilakukan dengan menganalisis performa konten dan feedback konsumen, yang menunjukkan peningkatan brand awareness, engagement, dan loyalitas pelanggan. Strategi PR berbasis media sosial yang diterapkan PT. Sumber Kreasi Cipta Pratama telah berhasil membangun citra positif merek Calbi sekaligus memastikan perusahaan tetap relevan di pasar yang kompetitif.

Article Details

How to Cite
Hung, J. S., & Setyanto, Y. (2025). Pemanfaatan Media Sosial dalam Mempertahankan Citra Perusahaan PT. Sumber Kreasi Cipta Pratama. Prologia, 9(2), 302–308. https://doi.org/10.24912/pr.v9i2.33188
Section
Articles

References

Angela, N., & Gafar Yoedtadi, M. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Oleh Komunitas Historia Indonesia. Prologia, 3, 393–400.

Anggraeni, V. R., & Suhermin. (2022). Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan Di Masa Pandemi (Studi Kasus pada PT Vale Indonesia Tbk). Ilmu Dan Riset Manajemen, 11.

Erlistyarini, Y. (2018). PR ONLINE: Studi Tentang Strategi Public Relations Pada Kegiatan Media Online Di Pemerintah Kabupaten Tabalong. Jurnal Universitas Airlangga 2018, 1–6.

Julianto, E. T. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Media Sosial (Instagram) dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal Compass Dengan Minat Beli Sebagai Mediasi. EBISMEN, 1(4), 16–29.

Jurnal, L., Setyanto, Y., & Anggarina, P. T. (2017). Public Relations: Membangun Komunikasi Internal dalam Perusahaan. 6(1), 55–64. https://doi.org/10.21070/kanal

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif (F. Annisya & S. Sukarno, Eds.). Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=637LEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=metode+penelitian+kualitatif&ots=x4-mx1j1kC&sig=YScEBeGxwrsmR9RYVwdPg1WqxQY&redir_esc=y#v=onepage&q=metode%20penelitian%20kualitatif&f=false

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina, Ed.; 1st ed.). CV. Harfa Creative. http://repository.uinsu.ac.id/19091/1/buku%20metode%20penelitian%20kualitatif.Abdul%20Fattah.pdf0

Saleh, S. (2017). ANALISIS DATA KUALITATIF (H. Upu, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Pustaka Ramadhan.

Syaputra, A., & S, Y. S. (2021). Strategi Komunikasi Pemerintah Dalam Penyebaran Informasi Pengelolaan Sampah Sungai Cidurian Selatan Kota Bandung. 8, 1–12.

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.