Hambatan Komunikasi Bisnis di Perusahaan Ekspor (Studi Kasus PT Sinar Dunia Logam)

Main Article Content

Jennifer Nathalie
Sinta Paramita

Abstract

International relations carried out by China in the business sector can provide import access and cooperation in product development. This study attempts to identify the business communication barriers PT Sinar Dunia Logam faces. Research related to communication barriers is fundamental in building a business communication relationship. In the business world, communication is essential for the smooth running of the business. Furthermore, effective communication must ensure that each system understands its role and responsibilities for the business system to run well. This study aims to determine the business communication barriers used by PT Sinar Dunia Logam in building business communication with foreign companies. This study uses business communication theories and concepts in the form of international relations concepts and business relations. The approach to this research is qualitative, using a case study method; data collection is carried out through observation, interviews, documentation, and literature studies. The results of the research that has been conducted show that PT Sinar Dunia Logam experiences three business communication barriers. First, socio-antro-psychological communication barriers, anthropopsychological communication barriers, and ecological communication barriers.


Hubungan internasional yang dijalankan oleh negara China dalam  sektor bisnis adalah dapat memberikan akses impor dan kerjasama dalam perkembangan suatu produk. Penelitian ini berupaya untuk mengidentifikasi hambatan komunikasi bisnis yang di hadapi oleh perusahaan PT Sinar Dunia Logam. Penelitian terkait hambatan komunikasi sanggatlah penting dalam membangun suatu hubungan komunikasi bisnis. Dalam dunia bisnis, komunikasi sangat diperlukan demi kelancaran bisnis tersebut. Selanjutnya, agar sistem bisnis dapat berjalan dengan baik, tentu diperlukan komunikasi yang efektif untuk memastikan setiap sistem memahami peran dan tanggung jawabnya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan komunikasi bisnis yang digunakan oleh perusahaan PT Sinar Dunia Logam dalam membangun komunikasi bisnis dengan perusahaan asing. Penelitian ini menggunakan teori dan konsep komunikasi bisnis berupa, konsep hubungan internasional dan relasi bisnis. Pendekatan penelitian ini dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah menunjukkan terdapat tiga hambatan komunikasi bisnis yang dialami PT Sinar Dunia Logam. Pertama hambatan komunikasi sosio antro psikologis, hambatan komunikasi antropsikologis, dan hambatan komunikasi ekologi.

Article Details

How to Cite
Nathalie, J., & Paramita, S. (2025). Hambatan Komunikasi Bisnis di Perusahaan Ekspor (Studi Kasus PT Sinar Dunia Logam). Prologia, 9(2), 293–301. https://doi.org/10.24912/pr.v9i2.33186
Section
Articles

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Gorontalo: CV Syakir Media Press.

Adin, Z., & Izzati, I. H. Y. (2023). Dasar-Dasar Komunikasi Bisnis. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 3(1), 33–42. https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i1.2324

Bamanty, M. M., Lestari, P., & Novianti, D. (2020). Model Kompetensi Komunikasi Bisnis Lintas Budaya Indonesia dan Jerman. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 1. https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.3507

Febiyana, A., & Turistiati, A. T. (2019). Komunikasi Antarbudaya Dalam Masyarakat Multikultur (Studi Kasus Pada Karyawan Warga Negara Jepang Dan Indonesia Di Pt. Tokyu Land Indonesia). LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 33–44. https://doi.org/10.31334/ljk.v3i1.414

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryani, W., & Setyobroto, I. (2022). Modul Etika Penelitian. Jakarta: Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Jakarta I.

Kholifah, S. N. (2019). Kontribusi Kunjungan Studi Lapangan dan Praktik Industri terhadap Wawasan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia.

Perwita, A. A. B., & Yani, Y. M. (2011). Pengantar ilmu hubungan internasional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Pohan, A. (2015). Peran Komunikasi Verbal dan Non Verbal dalam Hubungan Manusia. Jurnal Ilmiah Dakwah Dan Komunikasi, 6(2), 5–21.

Purwanto, D. (2006). Komunikasi Bisnis. Surakarta: Erlangga.

Simarmata, H. M. P., Gandasari, D., Purba, B., & Karundeng, M. L. (2022). Teori Komunikasi Bisnis. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Steven, & Setyanto, Y. (2022). Perubahan Komunikasi Interpersonal dalam Hubungan Rekan Bisnis Selama Masa Pandemi (Studi Kasus di PT Jassendo Mandiri Sentosa). Kiwari, 1(3), 493–500. https://doi.org/10.24912/ki.v1i3.15807

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahira, D. R., & Wiwitan, T. (2022). Strategi Komunikasi Bisnis BritCham Indonesia dalam Mewadahi Kerjasama Perdagangan Bilateral Inggris dan Indonesia. Bandung Conference Series, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.3108

Syamsiani, M. ., & Fatimah. (2019). Pola Komunikasi Interpersonal Dalam Menjalin Hubungan Baik Terhadap Klien pada Radio Music City 107,50 FM. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 11(2), 62–70.

Wijayani, Q. N., & Wijcaksono, D. (2021). Hambatan Komunikasi Bisnis Petani Garam Madura. Prosiding SNAPP, 241–249.

Yolanda, V., & Paramita, S. (2024). Gaya Komunikasi Lintas Generasi Pemimpin Kepada Karyawan Senior. Kiwari, 3(1), 166–171.

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.