Brand Relationship Pada Komunitas Marvel Indonesia (Studi Analisis Film Avengers: Endgame)
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the perceptions that emerge as well as how much is the level of interests fans based Avengers movie. The theory used in this research is the theory of mass communication, film, brand, and brand relationship. The approach used in this research is a qualitative approach with a phenomenological method. The subject of the study was the Indonesian Marvel Community with the object of the film Avengers: Endgame. Data collection is conduct by online research, interviews, and literature study. The speakers in this study were community founders, film experts, business experts and Avengers fans. Data analysis using interactive data models and triangulation of source data with the results obtained. Based on the results of the study found that there is a relationship between an Avengers brand: Endgame with the Marvel Indonesia Community and its fans. This relationship has reached the level of best friends and crucial friends in responding Avengers movie. This strengthened by the crowded of Avengers audience and the purchase pioneer of merchandise.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi yang muncul serta seberapa besar ketertarikan penggemar terhadap film Avengers: Endgame. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi massa, film, brand, dan brand relationship. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek dari penelitian adalah Komunitas Marvel Indonesia dengan objek film Avengers: Endgame. Pengumpulan data dilakukan dengan cara riset online, wawancara, dan studi pustaka. Yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah pendiri komunitas, pakar film, pakar bisnis dan penggemar Avengers. Analisis data menggunakan data model interaktif serta triangulasi data sumber dengan hasil yang telah didapat. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terciptanya hubungan antara sebuah brand Avengers: Endgame dengan Komunitas Marvel Indonesia serta penggemarnya. Hubungan ini telah mencapai tingkat best friends dan crucial friends dalam menyambut Avengers. Hal ini diperkuat dengan bioskop yang penuh serta penggemar yang sampai membeli atribut-atribut superhero kesayangannya.
Article Details
References
Cica. (2019, Januari 16). Komunitas Marvel Indonesia, Lebih dari Sekedar Penggemar. September 4, 2019. https://www.fimela.com/fimelahood/read/3871681/komunitas-marvel-indonesia-lebih-dari-sekadar-penggemar
CNN Indonesia. (2019). Avengers: Endgame’ Resmi Jadi Film Terlaris Sepanjang Masa. September 4, 2019. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20190721135026-220-414089/avengers-endgame-resmi-jadi-film-terlaris-sepanjang-masa
Hukum Unsrat. (n.d.). UU 8/1992 Perfilman. September 4, 2019. http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_8_1992.htm
Imdb. (n.d.). Avengers: Endgame. September 9, 2019. https://www.imdb.com/title/tt4154796/
Jesslyn & Susanto, Eko Harry. (2018). Analisis Penggunaan Label Halal pada Produk Kecantikan Brand Safi dalam Menarik Minat Beli Masyarakat. Prologia 2(2): 385-391.
Prasetyo, Harry. (2014, September 30). Lebih Dekat Bersama Komunitas Marvel Indonesia. September 10, 2019. Kabarinews. https://kabarinews.com/lebih-dekat-bersama-komunitas-marvel-indonesia/70565
Pratista, Himawan. (2017). Memahami Film (Ed. 2). Yogyakarta: Montase Press.
Sadat, Andi M. (2009). Brand Belief: Strategi Membangun Merek Berbasis Kepercayaan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Sumarno, Marselli. (2008). Dasar-Dasar Apresiasi Film. Jakarta: PT. Grasindo.