Peran Customer Relations Dalam Menerapkan Kebijakan Baru Untuk Membangun Hubungan Yang Baik Dengan Konsumen (Studi Pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk.)

Main Article Content

Pricilla Intan Rachmawati
Yugih Setyanto

Abstract

PT. Jasa Marga (Persero) adalah salah satu lembaga milik pemerintah yang bertugas merencanakan, membangun, mengoperasikan dan memelihara jalan tol agar dapat berfungsi sebagai jalan bebas hambatan yang memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan agar terhindar dari kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana cara perusahaan membangun hubungan dengan konsumen ketika perusahaan menerapkan kebijakan baru, Mengetahui bagaimana respon masyarakat kepada kebijakan baru yang dibuat oleh perusahaan dan bagaimana Customer Relations berperan dalam memberikan pelayanan sebagai bagian dari Public Relations. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Kualitatif, dengan menggunakan metode Studi Kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, keperpustakaan, internet, dan dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah Customer Relations PT. Jasa Marga, petugas LJO PT. Jasa Marga dan dua orang Konsumen jalan tol. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah PT. Jasa Marga selalu memberikan informasi kepada konsumen dan masyarakat tentang kebijakan-kebijakan baru yang di buat dan diterapkan oleh perusahaan sehingga perusahaan dapat lebih mendekatkan diri dengan konsumen serta telah memberikan pelayanan kepada konsumen dengan sebaik mungkin dan selalu membangun hubungan yang baik dengan konsumen.

Article Details

How to Cite
Rachmawati, P. I., & Setyanto, Y. (2018). Peran Customer Relations Dalam Menerapkan Kebijakan Baru Untuk Membangun Hubungan Yang Baik Dengan Konsumen (Studi Pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk.). Prologia, 1(2), 537–542. https://doi.org/10.24912/pr.v1i2.1982
Section
Articles
Author Biographies

Pricilla Intan Rachmawati, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi 

Yugih Setyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Lattiomore, Dan., et al. (2010). Public Relations : Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika

Mulyana, Deddy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Ruslan, Rosady. (2008). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D). Bandung : Alfabeta