Pola Komunikasi RUBI Community dalam Membangun Konektivitas antara Brand dan Konsumen
Main Article Content
Abstract
The discussion regarding brand communities is an interesting research subject to research. Basically, a community consists of certain brands in common, users gather to form a group as a place to share stories and help solve problems about the products they use. Every activity where they share stories about the brands they use will shape the way of interaction and communication between group members. The aim of this research is to identify communication patterns for the Avoskin beauty brand in increasing brand engagement through the RUBI community. This research uses groupthink theory which was born from the thoughts of Irvin L. Janis. Based on the results obtained in this research, there is a wheel communication pattern implemented by the community. The wheel communication pattern can be an effective strategy for creating community engagement with a brand. Placing the brand in a central position to interact and build strong relationships with community members.
Pembahasan mengenai komunitas merek adalah subjek penelitian yang menarik untuk diteliti. Pada dasarnya, komunitas terdiri dari kesamaan merek tertentu, para penggunanya berkumpul membentuk suatu kelompok sebagai tempat untuk berbagi cerita dan membantu menyelesaikan masalah tentang produk yang mereka gunakan. Setiap aktivitas di mana mereka berbagi cerita tentang merek yang mereka gunakan akan membentuk cara interaksi dan komunikasi antar anggota kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola komunikasi beauty brand Avoskin dalam meningkatkan brand engagement melalui komunitas RUBI. Penelitian ini menggunakan teori groupthink yang terlahir dari pemikiran Irvin L. Janis. Berdasarkan hasil yang didapatkan dalam penelitian ini terdapat pola komunikasi roda (wheel) yang diterapkan oleh komunitas. Pola komunikasi roda dapat menjadi strategi yang efektif untuk menciptakan keterlibatan komunitas dengan merek. Menempatkan merek berada di posisi sentral untuk berinteraksi dan membangun hubungan yang kuat dengan anggota komunitas.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Azeharie, S., & Khotimah, N. (2015). Pola Komunikasi Antarpribadi antara Guru dan Siswa di Panti Sosial Taman Penitipan Anak “Melati” Bengkulu. In Jurnal Pekommas (Vol. 18, Issue 3).
Ferry, A. (2015). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ATASAN DAN KARYAWAN PT. BORNEO ENTERPRISINDO SAMARINDA. 3(1), 362–376.
Freitas, F., & Almeida, V. (2017). Theoretical Model of Engagement in the Context of Brand Communities. Brazilian Business Review, 14(1), 86–107. https://doi.org/10.15728/bbr.2017.14.1.5
Futuwwah, A. I., & Mardhiyah, D. (2019). PENGARUH PRAKTIK SOCIAL NETWORKING, KEPERCAYAAN MEREK DAN LOYALITAS MEREK PADA KOMUNITAS MEREK ONLINE. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 401–416. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i3.269
Hasan, S., Diantara, L., & Bangkinang, S. (n.d.). JURNAL RISET MANAJEMEN INDONESIA (JRMI) Establishment of brand engagement to customers of beautiful homes in the Bangkinang City through brand posts on social media. 4(3), 2022. https://jurnal.pascabangkinang.ac.id/index.php/jrmi
Hayati Nur Wita. (2020). GROUPTHINK DALAM PEMBUATAN KEPUTUSAN KEGIATAN BINA DESA KELOMPOK MAHASISWA PECINTA ALAM Wita Nurhayati Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIPI) Bandung.
Helmi, M. (2020). Penemuan Hukum oleh Hakim Berdasarkan Paradigma Konstruktivisme. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 22(1), 111–132. https://doi.org/10.24815/kanun.v22i1.14792
Puspita Tutiasri, R. (2016). KOMUNIKASI DALAM KOMUNIKASI KELOMPOK (Vol. 4, Issue 1).
Ratumakin1, R. C., Tsuroyya2, Y., & Surya, I. B. M. (2023). Pola Komunikasi Orang Tua dalam Pengawasan Penggunaan Media Sosial pada Anak. Prosiding Seminar Nasional, 1413–1422.
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Saban, A. (2015). IDENTITAS KELOMPOK PENGGUNA MOTOR YAMAHA RX KING DI KOTA MANADO. In Jurnal Holistik Tahun VIII (Issue 15).
Wirasahidan, J., & Fitriani, D. R. (2019). Brand Community: Pola Komunikasi Komunitas Mifans Depok dalam Membangun Keutuhan Kelompok. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(2), 180. https://doi.org/10.31604/jips.v6i2.2019.180-193