Peran Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran pada Brand Recognition Toko Online P Mart

Main Article Content

Rifanny Darmadi
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

Researchers made this report which contains a discussion of the marketing communication strategies used by the Paniy Mart store to create brand recognition among consumers. The choice of Paniy Mart as the thesis title topic was based on its uniqueness in maintaining brand recognition by using several quite unique marketing communication strategies such as the use of brand ambassadors, special game content for young people, the use of transaction testimonials to increase consumer trust, the use of group communities and advertising. via Instagram ads. This research was conducted to determine the strategy used by the Paniy Mart store to reach its target consumers, namely young people or teenagers. This research uses Symbolic Interaction theory as a reference for the report. This research uses a case study method and the research approach used is qualitative. Researchers used data reduction techniques for data analysis. Apart from that, the researcher used data collection methods as evidence for validating the thesis including observation, literature study, interviews and documentation. The results of this study show that Paniy Mart's target market is mostly young people, so the selection of content and publications must be adjusted to youth trends.


Peneliti membuat laporan ini yang berisikan pembahasan mengenai strategi komunikasi pemasaran yang digunakan toko Paniy Mart untuk menimbulkan brand recognition pada konsumen. Pemilihan Paniy Mart sebagai topik judul skripsi didasari dari keunikannya dalam mempertahankan brand recognition dengan menggunakan beberapa strategi komunikasi pemasaran yang cukup unik seperti penggunaan brand ambassador, konten-konten permainan khas untuk anak muda, penggunaan testimoni transaksi untuk menambah kepercayaan konsumen, penggunaan komunitas grup serta periklanan melalui ads Instagram. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi yang dilakukan toko Paniy Mart untuk menjangkau konsumen yang dituju yaitu kaum muda atau remaja. Penelitian ini menggunakan teori Interaksi Simbolik sebagai acuan laporan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Peneliti menggunakan teknik reduksi data sebagai analisis data. Selain itu, peneliti menggunakan metode pengumpulan data sebagai bukti validasi skripsi meliputi observasi, studi pustaka, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini target pasar Paniy Mart yang rata-rata anak muda sehingga pemilihan konten dan publikasi harus menyesuaikan dengan tren anak muda.

Article Details

How to Cite
Darmadi, R., & Pribadi, M. A. (2024). Peran Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran pada Brand Recognition Toko Online P Mart. Prologia, 8(2), 346–353. https://doi.org/10.24912/pr.v8i2.27614
Section
Articles
Author Biographies

Rifanny Darmadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Muhammad Adi Pribadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Chandra W, A. (2019). Berbisnis Online Melalui Media Sosial. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7, 96–102. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU/article/view/18197/14159

Firmansyah, A. (2023). Pemasaran Produk Dan Merek (Planning and Strategy). Penerbit Qiara Media. https://www.google.co.id/books/edition/PEMASARAN_PRODUK_DAN_MEREK/fiHHEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education Limited.

Lukita, C., Pranata, S., & Magdalena, L. (2023). Perubahan Bisnis Online di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Kegiatan UMKM di Kota Cirebon).

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Nielsen. (2020). Berpacu Dengan Covid 19 Melihat lebih dalam Konsumen Indonesia Bereaksi Terhadap Sang Virus. Nielsen. https://www.nielsen.com/insights/2020/berpacu-dengan-covid-19-melihat-lebih-dalam-bagaimana-konsumen-indonesia-bereaksi-terhadap-sang-virus/

Nur Arifah, F., Manajemen Informatika, P., & Bina Patria Magelang Jl Raden Saleh No, S. (2015). “Transformasi Jurnal Informasi & Pengembangan Iptek” (Stmik Bina Patria) Analisis Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Dalam Bisnis Online. In Jurnal Transformasi (Vol. 11, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.56357/jt.v11i2.57

Percy, L., & Elliott, R. H. (2012). Strategic advertising management. 389.

Septiani, J., Widattullah, H., Akbar, R., & Sudiarto, B. (2021). Pemanfaatan Media Sosial untuk Bisnis Online di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnas

Septiningrum, L. D. (2021). Manajemen Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Food and Beverage Di Era Pandemi Covid 19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1), 32–49. https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.32638

Supriyati. (2015). Metodologi Penelitian. Labkat Press.

West, R., & Turner, L. H. (2017). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (5th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Yunus, H. S. (2010). Metode Penelitian Wilayah Kontemporer. Pustaka Pelajar.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.