Pengaruh Komunikasi Persuasif Endorser Rachel Vennya Terhadap Minat Beli Pada Kalangan Pengguna Instagram

Main Article Content

Syani Putriani
Anoesyirwan Moein
Roswita Oktavianti

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pentingnya komunikasi persuasif endorser Rachel Vennya terhadap minat beli pada pengguna Instagram. Dengan rumusan masalah apakah terdapat pengaruh komunikasi persuasif endorser Rachel Vennya di media sosial Instagram terhadap minat beli produk. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner dan studi kepustakaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin sehingga hasilnya terdapat 100 responden untuk mengisi kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah uji normalitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linier sederhana, uji f, dan uji t melalui program SPSS versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh komunikasi persuasif terhadap minat beli dan signifikan. (2) Terdapat hubungan yang cukup antara komunikasi persuasif dengan minat beli. (3) Komunikasi persuasif memberikan kontribusi sebesar 30,8% kepada minat beli, sisanya 69,2% variabel lain yang tidak diteliti.

Article Details

How to Cite
Putriani, S., Moein, A., & Oktavianti, R. (2018). Pengaruh Komunikasi Persuasif Endorser Rachel Vennya Terhadap Minat Beli Pada Kalangan Pengguna Instagram. Prologia, 2(1), 190–197. https://doi.org/10.24912/pr.v2i1.2394
Section
Articles
Author Biographies

Syani Putriani, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Anoesyirwan Moein, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Roswita Oktavianti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Anderson, R. C. (1972). Language Skills in Elementary Education. NewYork: Macmillan Publishing Co, Inc.

Atmoko Dwi, Bambang. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Bungin, Burhan. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana.

Durianto dan C. Liana. (2004). Analisis Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft di Jakarta dengan Consumen Decision Model. Jurnal Ekonomi

Perusahaan, Vol. 11, No. 1

Karman.(2014). Media sosial : Kebebasan dan Eksploitasi. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Vol 18 No.1 (Januari-Juni 2014).

Kinanti & Satria Putri. Pengaruh Media Sosial Instagram @Zapcoid Terhadap Brand Equity Zap Clinic (2017) Retrieved 23 Juni 2018 from Jakarta post online : https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/164/643

Kotler Philip. (1999). Manajemen pemasaran di Indonesia. Edisi 1. Jakarta : Salemba Empat.

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siregar, Syofian. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.