Strategi Komunikasi Pemasaran PT Alko Sumatra Kopi dalam Meningkatkan Brand Loyalty

Main Article Content

Amelia Kristina Simarmata
Farid Rusdi
Doddy Salman

Abstract

Marketing communication strategy in company is important to increase brand loyalty. Marketing communication strategy consists of three, namely segmenting, targeting, positioning. This research was conducted at PT. Alko Sumatra Kopi, aims to find out the marketing communication strategy that is being carried out so that this small company can penetrate the international market and compete with others. This research used a qualitative approach with descriptive analysis. The research method is a case study with data collection, such as interviews, observation, and documentation study. The results of the study concluded that the marketing communication strategy in PT. Alko Sumatra Kopi is to determine the market segment, then determine the target market to be achieved, and introduce the company to build an image in public. In addition, another marketing communication strategy is experiential marketing, which gives a positive and unforgettable impression to buyers. The marketing communication strategy carried out by PT. Alko Sumatra Coffee is proven to increase brand loyalty.


Strategi komunikasi pemasaran dalam perusahaan menjadi bagian yang sangat penting dalam meningkatkan brand loyalty. Strategi komunikasi pemasaran terdiri dari tiga, yaitu segmenting, targetting, positioning. Penelitian ini dilakukan pada PT. Alko Sumatra Kopi dan bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan sehingga perusahaan kecil ini bisa menembus pasar internasional dan bersaing dengan perusahaan lain produk sejenis. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Metode penelitian adalah studi kasus dengan pengumpulan data, seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan PT. Alko Sumatra Kopi adalah dengan menetapkan segmen pasar terlebih dahulu, kemudian menentukan target pasar yang ingin dicapai, dan memperkenalkan diri perusahaan agar terbangun citra di mata buyer. Selain itu, strategi komunikasi pemasaran lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan experiential marketing, yakni memberikan kesan yang positif dan tidak terlupakan bagi para buyer.

Article Details

How to Cite
Simarmata, A. K., Rusdi, F., & Salman, D. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran PT Alko Sumatra Kopi dalam Meningkatkan Brand Loyalty. Prologia, 7(2), 448–455. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21477
Section
Articles
Author Biographies

Amelia Kristina Simarmata, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Rusdi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Doddy Salman, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik dan Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1, 173–186. Retrieved from https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PICIS/article/view/605

BPS Provinsi Jambi. (2022). PROVINSI JAMBI DALAM ANGKA 2022. Jambi. Retrieved from https://jambi.bps.go.id/publication/2022/02/25/0e7bfecd0c51de383022818e/provinsi-jambi-dalam-angka-2022.html

Cahyani, I. P., & Christanti, M. F. (2021). Experiential Marketing dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Pasca Bencana di Provinsi Banten. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 5, 228–242. https://doi.org/10.31002/jkkm.v5i2.3796

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran (Tim Qiara Media, Ed.). Pasuruan, Jawa Timur. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Firmansyah-4/publication/342644678_Buku_Komunikasi_Pemasaran/links/5efe789b299bf18816fcce6a/Buku-Komunikasi-Pemasaran.pdf

Miranda K, T. A., & Firdaus, M. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Batam Elektronik dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(2), 1–14. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/201193/strategi-komunikasi-pemasaran-batam-elektronik-dalam-mempertahankan-loyalitas-pe

Muntazah, A., Novalia, & Emeilia, R. I. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Brand Loyalty pada Perusahaan Travel di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada CV. Khairil Tour & Travel). Jurnal AKRAB JUARA, 5, 211–221. Retrieved from https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/339998/Jurnal-Strategi-Komunikasi-Digital_RNE.pdf

Putri Tanjung, R. R. (2013). Strategi Komunikasi Pemasaran PT Beiersdorf Indonesia Cabang Palembang (Nivea) dalam Meningkatkan Minat Beli Masyarakat Kelurahan Sako Kecamatan Sako Kota Palembang Skripsi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9). Retrieved from http://repository.radenfatah.ac.id/5250/

Redaksi OCBC NISP. (2022). Segmentasi Pasar: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis, Contoh. Retrieved from https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/03/11/segmentasi-pasar-adalah

Stephensius, A., & Winduwati, S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Catering Zella dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Selama COVID-19. Prologia, 6(1), 17. https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10255

Suntoro, W., & Silintowe, Y. B. R. (2020). Analisis Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Merek terhadap Loyalitas Merek. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 32(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24002/modus.v32i1.3194