Analisa Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Kesesuaian Citra Diri Followers Akun Instagram @rahasiagadis

Main Article Content

Mutiara Sani
Farid Rusdi

Abstract

Social media use is growing rapidly in this modern era, especially Instagram. The emergence of online communities on Instagram helps audiences to fulfill their needs. On the Instagram platform there is one community account for young women in Indonesia, namely @rahasiagadis, which helps provide positive energy and interaction space to its followers. This study aims to understand whether there is an influence of social media use on the suitability of the self-image of the Instagram followers of @rahasiagadis. This study uses New Media theory and uses and gratification theory. This study applies New Media theory and uses and gratification theory. This theory argues that people actively seek out certain media and content to produce satisfaction.  Using quantitative methods and survey methods. The group of people in this study are Instagram followers @rahasiagadis. The data collection technique used in this study was the distribution of questionnaires to 100 respondents who were identified by purposive sampling with non-probability techniques. Validity test, reliability test, normality test, simple linear regression analysis, T test, correlation coefficient test and determination coefficient test were carried out on the data obtained. Through this research, a simple linear regression equation Y = 11.549 0.218X was obtained with a significance value (Sig) of 0.001. The t-test also shows the effect of using social media on increasing the suitability of the self-image of Instagram account followers @rahasiagadis.


Seiring perkembangan zaman di era modern ini, penggunaan media sosial semakin berkembang pesat terutama Instagram. Munculnya komunitas online di Instagram membantu khalayak untuk memenuhi kebutuhan mereka. Pada platform Instagram terdapat salah satu akun komunitas untuk perempuan muda di Indonesia yaitu @rahasiagadis yang membantu memberikan energi positif dan ruang interaksi kepada para pengikutnya. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk memahami adakah pengaruh penggunaan media sosial terhadap kesesuaian citra diri pengikut Instagram @rahasiagadis. Dalam penelitian ini menerapkan teori media baru dan teori uses and gratification. Teori ini berpendapat bahwa orang secara aktif mencari media dan konten tertentu untuk menghasilkan kepuasan.  Menggunakan metode kuantitatif dan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu followers Instagram @rahasiagadis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang diidentifikasi secara purposive sampling dengan teknik non-probability. Uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linier sederhana, uji T, uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi dilakukan terhadap data yang diperoleh. Melalui penelitian ini diperoleh persamaan regresi linier sederhana Y = 11,549 0,218X dengan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,001. Uji T juga menunjukkan pengaruh penggunaan media sosial terhadap peningkatan kesesuaian citra diri followers akun Instagram @rahasiagadis.

Article Details

How to Cite
Sani, M., & Rusdi, F. (2023). Analisa Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Kesesuaian Citra Diri Followers Akun Instagram @rahasiagadis. Prologia, 7(2), 432–439. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21441
Section
Articles
Author Biographies

Mutiara Sani, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Rusdi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Burnasheva, R., & Suh, Y. G. (2020). The influence of social media usage, self-image congruity and self-esteem on conspicuous online consumption among millennials. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 33(5), 1255–1269. https://doi.org/10.1108/APJML-03-2020-0180

Darmawan. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. www.rosda.co.id

Ilmiah, J., Ekonomi, M., Kuala, U. S., & Kuala, U. S. (2018). Pengaruh Kepribadian Merek Retail Dan Kesesuaian Citra Diri Terhadap Loyalitas Toko Retail Pada. 3(3), 155–161.

Mahendra, B., Communications, M., & Security, G. P. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instgram. Jurnal Visi Komunikasi, 16(01), 151–160. www.frans.co.id

Rejeki, S., Komalawati, E., & Indriyanti, P. (2020). Penggunaan Instagram Terhadap Citra Diri Mahasiswa. LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(2), 105–116. https://doi.org/10.31334/lugas.v4i2.1225

Sari, M. P. (2017). Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas Riau. Fenomena Penggunan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas Riau, 53(9), 1–13

Stellarosa, Y., Firyal, S. J., & Ikhsano, A. (2018). Use of Youtube as a Tool for Transforming Highend Magazine. LUGAS Jurnal Komunikasi, 2(2), 59–68.

Suyono, M. (2015). Analisis Regresi Untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublish (CV BUDI UTAMA).

Widjiono, L. M., & Japarianto, E. (2014). Analisa Pengaruh Self Image Congruity, Retail Service Quality, Dan Customer Perceived Service Quality Terhadap Repurchase Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Di Broadway Barbershop Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(1), 35–42. https://doi.org/10.9744/pemasaran.9.1.35-42

Wimona, S., & Loisa, R. (2022). Konsep Diri Individu Pengguna Media Sosial. Koneksi, 6(2), 318–325. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15689