Pesan Pemasaran Elektronik (Digital) Produk Kecantikan

Main Article Content

Jennifer Lauren
Riris Loisa

Abstract

The rapid development of internet has led to the emergence of social media phenomenon. Social media plays an important role as a means of communication that knows no boundaries of distance and time. The widespread use of social media requires companies to keep up with existing technological developments. In social media management, content is needed in social media to build image and introduce the company to the public. This is also done by the local beauty company Skin Game. As a local company, it is very important for Skin Game to have a good brand image as a positive impression from consumers, especially to compete with other beauty companies. One way for Skin Game to build a brand image is by using marketing content or content marketing. The content marketing characteristics presented by Skin Game can determine what kind of brand image Skin Game wants to build. The purpose of this study is to explain the content marketing process carried out by Skin Game to build a brand image on social media such as Instagram. In this study, the authors used a qualitative approach and case study method. Data collection was carried out using interviews, non-participant observation, documentation, and literature study. This research shows that the content marketing process is well done on the audience's view of the brand image that Skin Game wants to build on social media. The resemblance of brand image that the company builds with the views of the audience is beneficial for Skin Game in terms of customer loyalty. The company also maximizes brand image development by building and maintaining good relationships with consumers.


Adanya perkembangan internet yang cepat menyebabkan munculnya fenomena media sosial. Media sosial berperan penting sebagai sarana komunikasi yang tidak mengenal batas jarak dan waktu. Maraknya penggunaan media sosial mengharuskan perusahaan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Dalam pengelolaan media sosial, dibutuhkan konten sebagai pengisi media sosial untuk membangun citra dan mengenalkan perusahaan kepada khalayak. Hal ini juga dilakukan oleh perusahaan kecantikan lokal Skin Game. Sebagai perusahaan lokal, sangat penting bagi Skin Game untuk memiliki brand image yang baik sebagai kesan positif dari konsumen, terlebih lagi untuk bersaing dengan perusahaan kecantikan lainnya. Salah satu cara Skin Game dalam membangun brand image adalah dengan penggunaan konten pemasaran atau content marketing. Karakteristik content marketing yang disajikan Skin Game dapat menentukan brand image seperti apa yang ingin dibangun oleh Skin Game. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses content marketing yang dilakukan oleh Skin Game untuk membangun brand image di media sosial Instagram. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi non partisipan, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Penelitian ini menunjukkan proses content marketing yang dilakukan tercapai dengan baik terhadap pandangan audiens dalam brand image yang ingin dibangun Skin Game di media sosial. Persamaan brand image yang dibangun perusahaan dengan pandangan audiens bermanfaat bagi Skin Game dalam hal loyalitas customer. Perusahaan juga memaksimalkan pembentukan brand image dengan membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan konsumen.

Article Details

How to Cite
Lauren, J., & Loisa, R. (2023). Pesan Pemasaran Elektronik (Digital) Produk Kecantikan. Prologia, 7(2), 346–353. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21413
Section
Articles
Author Biographies

Jennifer Lauren, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Riris Loisa, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Aisyah, S., Ali, Y., Sudarso, A., Sovianti, R., Febrianty, Sitanggang, A. O., Alfathoni, M. A. M., Hendra., & Rosita, Y. D. (2021). Dasar-Dasar Periklanan. Yayasan Kita Menulis.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Cangara, H. (2017). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Christiani, T. E. (2020). ANALISIS STRATEGI MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE (Studi Pada Instagram Fujifilm Indonesia). Jurnal Visi Komunikasi, 19(1), 75-85. https://doi.org/10.22441/visikom.v19i1.9844

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Iskandar, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif: Petunjuk Praktis untuk Penelitian Lapangan, Analisis Teks Media, dan Kajian Budaya. Surabaya: Maghza Pustaka.

Kotler, P., Kertajaya, H., & Setiawan, I. (2020). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Latief, R. (2019). Word of Mouth Communication. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Morissan. (2019). Riset Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167–176. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2619

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. (Bahan Ajar, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). http://repository.uin-malang.ac.id/1104/

Rodhi, N. N. (2022). Metodologi Penelitian. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sari, M., Siswati, T., Suparto, A. A., Jonata, Ambarsari, I. F., Azizah, N., Safitri, W., Hasanah, N., Agusti, Gravitiani, E., & Andalia, N. (2022). Metodologi Penelitian. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Setiawan, M. R., & Rachmawati, I. (2019). Strategi Digital Content Marketing Eiger Melalui Media Sosial Instagram. Prosiding Manajemen Komunikasi, 5(2), 625-632. http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17448

Tegor, Susanto, A., Togarotop, V., Sulivyo, L., & Siswanto, D. J. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Turner, G. (2019). Content Marketing: Proven Strategies to Attract an Engaged Audience Online with Great Content and Social Media to Win More Customers, Build your Brand and Boost your Business. USA: Erwin Ronel Cruz.