Strategi Kreatif Pembuatan Konten di Majalah Online Anak Muda

Main Article Content

Noviyanti Setia Putri
Roswita Oktavianti

Abstract

In this era, the development of information technology is increasing rapidly and making it easy for all people to access everything, especially information, one of which is the mass media which is an important channel in society. However, nowadays magazines as a source of information are rarely in demand by the public, so researchers want to know creative strategies for creating content in online magazines to attract readers. The theory that researchers use is the theory of communication, mass communication, creative strategies, content and interests. This research used a qualitative approach with a case study method conducted at Sunday Magazine. Sunday Magazine is a youth magazine located in Jakarta and its target audience is high school/vocational school teenagers 14-18 years old. Data collection methods used in this study were interviews, observation and documentation. Interviews were conducted with the editor, namely the Chief Editor, Deputy Chief Editor and Copywriter of Sunday Magazine. The results of this study indicate that the creative strategy for content creation carried out by Sunday Magazine as a youth magazine has been based on careful thought through, collecting ideas, thinking creatively and conducting brainstorming and paying close attention to the interests of readers in technical content creation.


Perkembangan teknologi informasi semakin pesat dan memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat untuk mengakses segala hal terutama informasi, salah satunya adalah media massa menjadi saluran penting dalam masyarakat. Namun sekarang ini majalah sebagai sumber informasi sudah sangat jarang diminati oleh masyarakat sehingga peneliti ingin mengetahui strategi kreatif pembuatan konten di majalah online dalam menarik minat pembaca. Teori yang peneliti gunakan adalah teori komunikasi, komunikasi massa, strategi kreatif, konten dan minat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dilakukan pada Majalah Sunday. Majalah Sunday merupakan majalah anak muda yang berlokasi di Jakarta dan target pembacanya adalah kalangan remaja SMA/SMK 14-18 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada redaksi yaitu Ketua Redaksi, Wakil Ketua Redaksi dan Copywriter Majalah Sunday. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kreatif pembuatan konten yang dilakukan oleh Majalah Sunday sebagai majalah anak muda telah berdasarkan pemikiran yang matang melalui, pengumpulan ide-ide, berpikir kreatif dan melakukan brainstorming dan sangat memperhatikan minat para pembaca dalam teknis pembuatan konten.

Article Details

How to Cite
Putri, N. S., & Oktavianti, R. (2023). Strategi Kreatif Pembuatan Konten di Majalah Online Anak Muda . Prologia, 7(2), 294–303. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21377
Section
Articles
Author Biographies

Noviyanti Setia Putri, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Roswita Oktavianti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Aditya, R. (2021, September 15). Media Massa adalah Hal Penting, Berikut Fungsi dan Jenis-jenisnya. Suara.com. https://amp.suara.com/news/2021/09/15/150050/media-massa-adalah-hal-penting-berikut-fungsi-dan-jenis-jenisnya

Ardia, V., & Fadilah, F. N. (2018). Strategi Kreatif Iklan E-Commerce Blanja.com di Youtube Untuk Memenangkan Hati Konsumen. Jurnal PERSPEKTIF Komunikasi, 2(2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/perspektif/article/viewFile/3955/2929

Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2014). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. (Ed. Rev. Cet. 4). Simbiosa Rekatama Media.

Cecariyani, S. A., & Sukendro, G. G. (2019). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten YouTube (Studi Kasus Konten Prank Yudist Ardhana). Prologia, 2(2), 495-502. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3735

Fitriah, I. (2014). Strategi Kreatif Produser dalam Mempertahankan Eksistensi Program Dakwah Mamah & AA Beraksi di Stasiun Televisi Indosiar. (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/26648/1/INAYATUL%20FITRIAH-FDK.pdf

Hurlock, E. B. (2014). Perkembangan Anak. (Ed. 6). Erlangga.

Kristanty, S., & Ramadhan, G. A. (2021). Penerapan Strategi Kreatif Dalam Mempertahankan Program “Buah Hatiku Sayang” di Televisi Republik Indonesia. Communication, 12(1), 21-33. http://dx.doi.org/10.36080/comm.v12i1.1330

Novia. (2018). Strategi Konten Kampaye, 18th ASIAN GAMES di Media Sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Youtube). (Tesis Skripsi, Universitas Tarumanagara). http://repository.untar.ac.id/id/eprint/9495

Putri, V. K. M. (2021, December 7). Pengertian New Media dan Manfaatnya. Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/07/093000269/pengertian-new-media-dan-manfaatnya

Rahardjo, M. (2018). Paradigma Interpretif. (Bahan Ajar, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). http://repository.uin-malang.ac.id/2437/

Romli, K. (2016). Komunikasi Massa. PT Grasindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Alfabeta.

Suryabrata, S. (2018). Psikologi pendidikan. Rajawali Pers.

Utami, S. N. (2021, Agustus 5). Komunikasi: Pengertian Para Ahli, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya. Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/05/120000469/komunikasi--pengertian-para-ahli-fungsi-tujuan-dan-jenis-jenisnya?page=all