Analisis Digital Branding pada Media Sosial Akun Instagram
Main Article Content
Abstract
Companies need to do branding in order to be widely known by the public. Branding is an activity to introduce a product or service by showing its strong potential. Social media is becoming a very effective tool in branding. Digital branding can be done through various social media platforms. Social media that is currently very effective is Instagram. Gentle Monster is an eyewear brand from South Korea that made Jennie Blackpink its Brand Ambassador. The purpose of this study is to find out the analysis of social media, especially Instagram @jennierubyjane and #jentlegarden as a basis for digital branding. The concepts and theories used in this research are Digital branding, social media, Instagram and marketing communication theory. In collecting data, researchers conducted observations, in-depth interviews, documentation, and literature studies. The results of the study show that Jennie has good engagement on Instagram in terms of likes, comments, lots of followers, and good follower activity.
Perusahaan perlu melakukan branding pada agar dikenal luas oleh khalayak. Branding merupakan aktivitas untuk memperkenalkan produk atau jasa dengan memperlihatkan potensi kuat yang dimiliki. Media sosial menjadi alat yang sangat efektif dalam branding. Digital branding dapat dilakukan melalui berbagai platform media sosial. Media sosial yang saat ini sangat efektif adalah Instagram. Gentle Monster merupakan brand kacamata asal Korea Selatan yang menjadikan Jennie Blackpink sebagai Brand Ambassador. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis media sosial khususnya Instagram @jennierubyjane dan #jentlegarden sebagai basis digital branding. Konsep dan teori yang digunakan dalam penelitian adalah Digital branding, media sosial, Instagram dan teori komunikasi pemasaran. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan, Jennie memiliki engagement yang baik di Instagram dari segi likes, comment, pengikut yang banyak, dan keaktifan pengikut yang baik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Ferbita, Lyra Vellaniza, Yanti Setianti, and Dan Sussane Dida. (2020). “Strategi Digital Branding Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Melalui Media Sosial.” Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna 16(2): 2020. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/2865 (September 3, 2022).
Firmansyah Anang M. (2020). Komunikasi Pemasaran. https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Firmansyah-4/publication/342644678_Buku_Komunikasi_Pemasaran/links/5efe789b299bf18816fcce6a/Buku-Komunikasi-Pemasaran.pdf (September 29, 2022).
Kurniawan, Puguh. (2017). “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN MODERN PADA BATIK BURNEH.”Competence : Journal of Management Studies 11(2). https://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533 (September 13, 2022).
Panuju Redi Dr. Komunikasi Pemasaran: Pemasaran Sebagai Gejala Komunikasi Komunikasi Sebagai ... - Dr. Redi Panuju, M.Si. - Google Books. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=psLvDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=teori+komunikasi+pemasaran&ots=rvVGX6IQFo&sig=4a3T8v2pGA7vCbiXc_XKEWbeMO4&redir_esc=y#v=onepage&q=teori%20komunikasi%20pemasaran&f=false (September 22, 2022).
Tiawan Jansen, and Yoedtadi Gafar Moehammad. (2021). “Pengaruh Kredibilitas Deddy Corbuzier Sebagai Brand Ambassador J&T Terhadap Citra Merek J&T.” Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/10380/9649 (November 29, 2022).
Tjahyana, Lady Joanne. (2021). “Studi Netnografi Pola Komunikasi Jaringan Komunitas Cryptocurrency Dogecoin Di Twitter Netnographic Study of Dogecoin Cryptocurrency Community Network Communication Patterns on Twitter.” https://doi.org/10.33508/jk.v10i1.3188 (October 10, 2022).
Yunus Dr Ulani. (2020). Digital Branding Teori Dan Praktik. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/18282 (September 9, 2022).