Strategi Public Relations Hotel Dalam Membangun Hubungan Dengan Pihak Eksternal (Studi Kasus Pada Hotel Shangri-La Jakarta)

Erick Andrean Lukito, Riris Loisa, Ahmad Junaidi
| Abstract views: 242

Abstract

Hubungan yang terjalin dengan baik antara perusahaan dengan publiknya merupakan hal yang penting karena suatu hubungan dapat mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan perusahaan tersebut. Sebagai tambahan, hubungan baik dapat melahirkan berbagai keuntungan seperti kesaling pahaman, dukungan dan loyalitas. Peran seorang Public Relations sangatlah dibutuhkan dalam hal membangun hubungan antara suatu perusahaan dengan publiknya. Penelitian ini ingin mengetahui tentang bagaimana strategi Public Relations dalam membangun hubungan dengan pihak berkepentingan, secara khusus adalah pihak eksternal. Penulis mengambil objek penelitian di hotel Shangri-La Jakarta dikarenakan pengalamannya yang telah mengalami berbagai bentuk persaingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti mewawancarai praktisi Public Relations hotel, konsumen hotel serta melakukan observasi dan studi kepustakaan terhadap hal yang berkaitan dengan penelitian. Dasar teoritis dalam penelitian ini meliputi proses empat tahap strategi Public Relations oleh Cutlip, Center dan Broom yang terdiri dari fact finding, planning, communicating dan evaluating serta hubungan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dalam membangun hubungan terdapat proses empat tahap Public Relations yang terbentuk dalam kegiatan Customer Relations,  Media Relations, Community Relations dan Government Relations serta memperlihatkan bentuk hubungan hotel dengan pihak eksternal.

 

Keywords

Strategi Public Relations, Hotel, Hubungan

References

Cutlip, Scott M, Allen H. Center dan Glen M. Broom. (2007). Effective Public Relations. Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hasibuan, Malayu S.P. (2016). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Littlejohn, Stephen W dan Karen A. Fross. (2009). Teori Komunikasi: Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Loisa, Riris dan Yugih Setyanto. (2014). Penyingkapan Diri Melalui Internet Di Kalangan Remaja (Studi Komunikasi Antar Pribadi). Jurnal Komunikasi. Vol 6, 3, 30-41. http://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/38

Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2006). Metodogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kotler, Philip dan Garry Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga..

Copyright (c) 2018 Prologia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.