Strategi Divisi Media Sosial Pada Penerbit BRIN dalam Menginformasikan Program Akuisisi Pengetahuan Lokal

Main Article Content

Fajar Hermawan
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

Concern over the documentation of the cultural diversity, customs, and local wisdom of the Indonesian people needs to be increased. In line with this, the National Research and Innovation Agency (BRIN) Publisher has a program to invite all levels of society to participate in the Local Knowledge Acquisition Program. With this program, the public can access validated, verified, and quality information so that it becomes useful knowledge. The information also becomes the basis for the government in making a policy. BRIN Publisher's social media is an active tool that is professionally managed by the BRIN Publisher division. The aim is to disseminate information on the Local Knowledge Acquisition Program to the public. This study wants to know the strategy of the social media division at BRIN Publishers. Publisher is a public institution that provides scientific publications in the form of books and audiovisuals through the Local Knowledge Acquisition Program. This research uses a qualitative approach with a case study method. The case study was conducted in the Social Media Division at BRIN Publisher with content shared on Instagram, Twitter, Facebook Fanpage, Tiktok, and Youtube platforms. The social media division has implemented a simplification of social media planning by implementing people, objectives, strategy and technology methods.


Kesadaran terhadap pendokumentasian keanekaragaman budaya, adat istiadat, dan kearifan lokal masyarakat Indonesia perlu ditingkatkan. Sejalan dengan hal tersebut, Penerbit Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memiliki program untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat berpartisipasi dalam Program Akuisisi Pengetahuan Lokal. Dengan program ini, masyarakat dapat mengakses informasi yang tervalidasi, terverifikasi, dan berkualitas sehingga menjadi pengetahuan yang bermanfaat. Informasi tersebut juga menjadi pijakan bagi pemerintah dalam membuat suatu kebijakan. Media sosial Penerbit BRIN merupakan sarana aktif yang dikelola secara profesional oleh divisi Penerbit BRIN. Tujuannya untuk menyebarluaskan informasi Program Akuisisi Pengetahuan Lokal kepada publik. Penelitian ini ingin mengetahui strategi divisi media sosial pada Penerbit BRIN. Penerbit merupakan lembaga public yang memberikan publikasi ilmiah berupa buku dan audiovisual melalui Program Akuisisi Pengetahuan Lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Studi kasus dilakukan pada Divisi Media Sosial pada Penerbit BRIN dengan konten yang dibagikan pada platform Instagram, Twitter, Facebook Fanpage, Tiktok, dan Youtube. Divisi media sosial telah menjalankan penyederhanaan perencanaan media sosial dengan melakukan metode people, objectives, strategy, dan technology.

Article Details

How to Cite
Hermawan, F., & Yoedtadi, M. G. (2023). Strategi Divisi Media Sosial Pada Penerbit BRIN dalam Menginformasikan Program Akuisisi Pengetahuan Lokal. Prologia, 7(1), 134–140. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.16028
Section
Articles
Author Biographies

Fajar Hermawan, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Moehammad Gafar Yoedtadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik. (n.d.). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Permenpan) Nomor 83 Tahun 2012 - Google Search. Retrieved November 28, 2021, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/132847/permen-pan-rb-no-83-tahun-2012

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2012). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pemanfaatan Media Sosial Instansi Pemerintah Dengan. Undang-Undang, 1–23.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. (2020). Tentang Program Akuisisi Pengetahuan Lokal. https://jdih.lipi.go.id/peraturan/2020_Peraturan LIPI_11.pdf

Lievrouw, L. A., Angeles, L., & Livingstone, S. (2014). Leah A . Lievrouw and Sonia Livingstone Introduction to the updated student edition Book section. January 2006, 2015–2017.

Mayfield, A. (2011). What Is Sosial Media. In iCrossing. http://www.icrossing.co.uk/fileadmin/uploads/eBooks/What_is_Social_M%0Aedia_iCrossing_ebook.pdf

Nugraha, Q. (2016). Manajemen Strategis Pemerintahan. 1–51. http://repository.ut.ac.id/4213/1/IPEM4218-M1.pdf

Rusdi, F., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Industri Kreatif Dalam Memanfaatkan Identitas Kota Melalui Media Baru. Jurnal Komunikasi, 10(1), 95. https://doi.org/10.24912/jk.v10i1.1221

Setiadi, A. (2014). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1).