Efektivitas Kegunaan Product Placement terhadap Brand Awareness Kopiko dalam Drama Korea Vincenzo

Main Article Content

Stella Aurelia Herawan
Rezi Erdiansyah

Abstract




Public awareness of a brand exists due to the stimulus or trigger provided by the producer so that it can attract attention to consumers. Drama can be a place for producers to indicate their products so that brand image stays in consumers' memory. Product placement is one way for producers to promote or increase public awareness of a brand by displaying the brand with a show. This can improve the image of a product’s brand and can indirectly instill public awareness of a brand. The cultivation process through media shows also helps make public perception of the product and increase brand awareness. The intention of this study was to know the affect effectiveness of the use of product placement on brand awareness of a product. The studies strategic that used is a quantitative strategic. The population of this study is the people of Jakarta and its surroundings (Bo-De-Ta-Bek) with a total sample of 150 respondents. The outcome of the studies that has been done is that the use of effective product placement on Kopiko's brand awareness in the Korean drama Vincenzo is 7.8%.





Kesadaran masyarakat terhadap suatu brand ada dikarenakan stimulus atau pemicu yang diberikan oleh produsen sehingga dapat menarik perhatian. Drama dapat menjadi salah satu wadah untuk produsen dalam memperlihatkan atau menunjukkan produknya sehingga dapat meninggalkan gambaran brand kepada konsumen. Product placement menjadi salah satu cara produsen dalam memasarkan ataupun meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap suatu brand dengan cara menayangkan brand dengan suatu tayangan media. Hal ini dapat meningkatkan citra dari suatu brand produk dan secara tidak langsung dapat menanamkan kesadaran masyarakat terhadap suatu brand. Proses kultivasi lewat tayangan media juga membantu membentuk persepsi masyarakat terhadap produk dan meningkatkan kesadaran akan merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kegunaan product placement terhadap brand awareness suatu produk. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan populasi masyarakat Jakarta dan sekitarnya (Bo-De-Ta-Bek) dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu kegunaan product placement efektif terhadap brand awareness Kopiko dalam drama korea Vincenzo sebesar 7,8%.







Article Details

How to Cite
Herawan, S. A., & Erdiansyah, R. (2023). Efektivitas Kegunaan Product Placement terhadap Brand Awareness Kopiko dalam Drama Korea Vincenzo. Prologia, 7(1), 88–93. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.15813
Section
Articles
Author Biographies

Stella Aurelia Herawan, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Rezi Erdiansyah, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Belch, G. E., & Belch, Michael A. (2018). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspectives. New York: McGraw-Hill.

Ferdy, Rizky & Sari, Wulan Purnama. (2020). Pengaruh Iklan Billboard Gojek Versi #UninstallKhawatir Terhadap Brand Awareness. Prologia, 106-112.

Maholtra, Naresh K. (2017). Marketing Research: An Applied Orientation. UK: Pearson.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widayanti, O. W. (2019). Pengaruh Product Placement Terhadap Brand Awareness “Mie Sedaap Cup” Film “Cinta Brontosaurus” Di Kalangan Remaja Surakarta. Jurnal Common Vol. 3 No. 2, 180-194.