Strategi Media Digital Restoran Ramen dalam Mempromosikan Produk Saat Kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat
Main Article Content
Abstract
Ikkudo Ichi is a restaurant that serves bona fide Japanese ramen, the franchise owns 13 stores spread across the Jabodetabek area. The COVID-19 pandemic in Indonesia has brought about many changes from multiple aspects, including government policies. One of the policies put in place is the The imposition of restrictions on community activities (PPKM). The policy was declared by the government with the intention of limiting community activities, mainly regarding crowd count potential and to reduce the velocity in which positive cases of COVID-19 increases. During the duration of PPKM, Ikkudo Ichi has done multiple digital media strategies in promoting it’s products to adapt with the conditions of PPKM accordingly.The purpose is this research is to acquire a comprehension of the effects of the digital media strategies used by ramen restaurants during PPKM. In this research, the method used is a qualitative method of case study to reach it’s conclusion. This research shows that in carrying out a digital media strategy, ramen restaurants routinely upload various content every day, especially on Instagram social media. Ramen restaurants also use e-commerce accounts to sell ramen products. Digital media is the right and effective means to promote products during PPKM conditions because people tend to be more active in using and consuming digital media.
Ikkudo Ichi merupakan restoran yang menyajikan ramen asli Jepang yang telah memiliki 13 gerai yang tersebar di Jabodetabek. Sejak adanya pandemi COVID-19 di Indonesia, banyak perubahan yang dialami dari berbagai hal serta kebijakan pemerintah mengenai situasi ditengah pandemi COVID-19 ini. Salah satunya adalah diberlakukannya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). PPKM merupakan kebijakan pemerintah untuk membatasi kegiatan masyarakat terkait potensi kerumunan. PPKM diberlakukan untuk membendung laju kenaikan angka positif virus corona atau Covid-19. Selama masa PPKM, Ikkudo Ichi melakukan berbagai strategi media digital dalam mempromosikan produknya dengan mengikuti perkembangan sesuai kondisi saat PPKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara komprehensif tentang bagaimana strategi media digital yang digunakan oleh restoran ramen saat kondisi PPKM. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif studi kasus untuk dapat mencapai hasil penelitian. Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menjalankan strategi media digital, restoran ramen rutin mengunggah berbagai konten setiap hari terutama pada media sosial Instagran. Restoran ramen juga menggunakan akun e-commerce untuk menjual produk ramen. Media digital merupakan sarana yang tepat dan efektif untuk melakukan promosi produk selama kondisi PPKM karena masyarakat cenderung lebih aktif memanfaatkan dan mengkonsumsi media digital.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Arby, I. A. (2021). Aturan PPKM Level 3 Jakarta, Kapasitas Mal Naik hingga Restoran Boleh “Dine-In.” Kompas.Com. https://megapolitan.kompas.com/read/2021/08/24/09370651/aturan-ppkm- level-3-jakarta-kapasitas-mal-naik-hingga-restoran-boleh-dine?page=all
Ardhianto, E. (2015). Rancang Bangun E-Office Administrasi Agenda Kegiatan Promosi Unisbank Semarang. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 20(1), 17–24.
Cahyania, D. (2018). Tinjauan Atas Prosedur Pembelian Peralatan Kantor Pada Pt Deltra Wijaya Konsultan. 20–27.
Ekadjaja, M., & Siswanto, P. (2021). Strategi dan Implementasi Digital Marketing Selama Pandemi Covid-19. 278–286.
Idris, M. (2021). Masih Belum Paham Apa Itu PPKM? Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2021/07/17/111002626/masih-belum-paham- apa-itu-ppkm?page=1
Katrin, K., & Vanel, Z. (2020). Strategi Pemasaran Komunikasi Digital Marketing Platform (Cashbac) Untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 14. https://doi.org/10.35308/source.v6i1.1753
Octavia, G., & Sari, W. P. (2018). Bentuk Komunikasi Pemasaran Digital ST22 Consulting. Prologia, 2(2), 339. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3598
Permassanty, T. D., & Muntiani, M. (2018). Strategi Komunikasi Komunitas Virtual dalam Mempromosikan Tangerang Melalui Media Sosial. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 173–186. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.523
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 202–224.
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25
Semiawan, P . D. C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT Gramedia Widiarsana Indonesia.
Siregar, R. A. (2020). Pengertian Strategi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Widayatmoko, S. P. ; L. I. ; W. (2019). Komunikasi Digital Industri Ekonomi Kreatif Milenial Tionghoa.
Yuhdadi, A. (2019). Analisis Pendekatan Teknologi E-Bisnis Studi Kasus “Amazon.” https://doi.org/10.31219/osf.io/e2j5t