Pengaruh Efektivitas Iklan Instagram Men’s Biore #CerahBukaJalan Pada Brand Awareness

Main Article Content

Geraldi Yohanes
Sisca Aulia

Abstract

 


Advertising is a way of communicating values from a company or brand by using paid media to inform, persuade, and remind the consumer. With the development of the times, the media for advertisement changes too. Radio, poster and flyer used to be advertisement media, now, social media, website, and other new media are being used as advertisement media. One account that use Instagram social media as advertisement media is @idmensbiore. @idmensbiore is an Instagram account that is made for the purpose to promote product from the brand Men’s Biore. The purpose of this study is to know whether Men’s Biore Instagram advertisement #CerahBukaJalan effectiveness has an impact on brand awareness. On this study, effectiveness theory using AIDA model and brand awareness theory is used ad the main theory.  This study used quantitative for the study approach with survey as the study method. The population for this study are men with the age of 18-30, are a followers of @idmensbiore Instagram, and have seen Men’s Biore Instagram advertisement #CerahBukaJalan, with the total sample of 143 respondent using non-probability sampling and purposive sampling, The result of this study shows that Men’s Biore Instagram advertisement #CerahBukaJalan effectiveness has reached desire level of AIDA model and has an impact to brand awareness as big as 51.6%.  Men’s Biore Instagram advertisement #CerahBukaJalan effectiveness has an impact to brand awareness


 


Iklan merupakan cara untuk mengomunikasikan nilai-nilai perusahaan atau merek dengan menggunakan media berbayar. Iklan juga digunakan untuk menginformasikan, mempersuasi dan mengingatkan konsumen. Seiring perubahan zaman, media untuk menyampaikan iklan pun berubah. Dahulu iklan biasa disampaikan melalui radio, poster, dan pamflet, sekarang iklan disampaikan melalui media sosial, melalui website, dan media baru lainnya. Salah satu akun media sosial Instagram yang dipakai sebagai sarana iklan adalah @idmensbiore. @idmensbiore merupakan akun yang dibuat untuk mempromosikan produk dari jenama Men’s Biore. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari tahu apakah terdapat pengaruh efektivitas iklan terhadap kesadaran jenama khususnya di iklan Instagram Men’s Biore #CerahBukaJalan. Pada penelitian ini, teori efektivitas iklan menggunakan model AIDA dan teori kesadaran jenama akan digunakan sebagai teori penunjang penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei sebagai metode penelitian. Populasi pada penelitian ini merupakan pria berumur 18-30 tahun, pengikut dari akun Instagram @idmensbiore dan pernah melihat iklan Instagram Men’s Biore #CerahBukaJalan, dengan 143 buah individu degan teknik non-probability sampling dan purposive sampling. Penelitian ini memiliki hasil yang menunjukkan bahwa efektivitas iklan Men’s Biore #CerahBukaJalan telah mencapai tingkatan desire pada model AIDA dan mempengaruhi kesadaran jenama sebesar 51.6%. Efektivitas iklan Instagram Men’s Biore #CerahBukaJalan memengaruhi secara signifikan kesadaran jenama.

Article Details

How to Cite
Yohanes, G., & Aulia, S. (2022). Pengaruh Efektivitas Iklan Instagram Men’s Biore #CerahBukaJalan Pada Brand Awareness. Prologia, 6(2), 423–430. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.15604
Section
Articles

References

Ferdy, R., & Sari, W. P. (2020). Pengaruh Iklan Billboard Gojek Versi #UninstallKhawatir Terhadap Brand Awareness. Prologia Vol.04 No.01, 4(1), 106–112. http://repository.untar.ac.id/14252/

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (Electronic Version). 1–736.

Malik, E., Ghafoor, M., Kashif, I., Riaz, U., Hassan, N., Mustafa, & Shahbaz. (2013). Importance of Brand Awareness and Brand Loyalty in assessing Purchase Intentions of Consumer. International Journal of Business and Social Science, 4(5), 167–171. https://doi.org/10.1016/S0020-1693(00)95452-5

Meiryani. (2021). Memahami Uji T Dalam Regresi Linear. https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-uji-t-dalam-regresi-linear/

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Syilfi, Ispriyanti, D., & Safitri, D. (2012). Analisis Regresi Linier Piecewise Dua Segmen. Jurnal Gaussian, 1(1), 219–228.

Wicaksono, M., & Seminari, N. (2016). Pengaruh Iklan Dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Traveloka. None, 5(8), 250770.

Zulfikar. (2019). Inilah negara dengan pengguna instagram terbanyak, indonesia nomor berapa. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/06/29/inilah-negara-dengan-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-nomor-berapa