Pengaruh Komunikasi Pemasaran Disney+ Hotstar Indonesia Melalui Instagram terhadap Minat Pelanggan

Main Article Content

Dristacia Oktaviani
Farid Rusdi

Abstract

Video on Demand (VOD) is an entertainment service that is provided and can be accessed via the internet. Disney+ Hotstar is one of the most famous VOD site known in Indonesia. They market their service through Instagram to get customer interest. This research aimed to prove the correlation between Disney+ Hotstar marketing campaign through Instagram has any effect towards the interest of their customer. The theory that used in this research is New Media Function, AIDA Model, and Purchase Interest Aspect. This research is using a quantitative model research through survey methods. Questionnaire is given to 103 respondent with Likert Scaling that has been determined by Slovin's Formula with Simple Random Sampling. Data received then analyzed with Validity and Reliability Test, Simple Linear Regression Test, and Hypothesis Test. Data processed with IBM SPSS 20 is, known F count = 152,089 with significant level 0.00 <0,05 means the variable X has influence to variable Y. Known regression coefficient X 0.794, means every 1% addition the value of marketing communication, the value of customer interest increased to 0,794. The value of t count was 12,332 > t table 1,986, with this data we can see a positive influence from Disney+ Hotstar Indonesia marketing campaign through Instagram towards Customer Interest.


 


Video on Demand (VOD) merupakan layanan hiburan yang disediakan dan dapat diakses melalui internet. Salah satu layanan VOD yang cukup terkenal di Indonesia adalah layanan Disney+ Hotstar. Disney+ Hotstar menjalankan komunikasi pemasaran lewat Instagram untuk menarik minat pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran Disney+ Hotstar melalui Instagram terhadap minat pelanggan. Penelitian ini dikaji dengan memaparkan fungsi media baru, model AIDA, serta aspek minat beli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Kuesioner dibagikan kepada sejumlah responden dengan skala likert kepada sampel sejumlah 103 orang menggunakan teknik pengambilan sampel acak. Setelah itu data dianalisis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji analisis regresi linier sederhana, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diolah menggunakan IBM SPSS 20, diketahui F hitung = 152,089 dengan level signifikansi yaitu 0,00 < 0,05 yang artinya variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Selanjutnya, diketahui koefisien regresi X sebesar 0,794 menandakan bahwa setiap bertambahnya 1% nilai komunikasi pemasaran, nilai minat pelanggan naik sebesar 0,794. T hitung yang dihasilkan 12,332 > t tabel 1,986, yang menandakan bahwa terdapat pengaruh positif dari komunikasi pemasaran Disney+ Hotstar Indonesia melalui Instagram terhadap minat pelanggan.

Article Details

How to Cite
Oktaviani, D., & Rusdi, F. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Disney+ Hotstar Indonesia Melalui Instagram terhadap Minat Pelanggan. Prologia, 6(2), 349–354. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.15560
Section
Articles

References

Arifin. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lewis, B. (2010). Attitudes and Perceptions among College Students. Public Relations Journal, 1-23.

Rizal, Y. A. (2021). Pengaruh Promosi Shopee 9.9 Super Shopping Day terhadap Minat Beli Selama PSBB di Wilayah DKI Jakarta. Prologia, 223-230.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.