Pengaruh Customer Relationship Management dan Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Kafe Rumah Lama, Jembatan Lima, Jakarta Barat
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kegiatan Customer Relationship Management dan Service Quality terhadap loyalitas pelanggan kafe. Customer Relationship Management merupakan salah satu strategi pendekatan bisnis yang tidak hanya mementingkan bagaimana cara menjual barang atau jasa tapi juga memperhatikan dan mementingkan bagaimana hubungan yang terjalin antara kafe dengan pelanggannya. Service Quality merupakan salah satu strategi yang berfokus pada kualitas pelayanan yang diberikan oleh pelayan kepada pelanggan, bagaimana cara kafe melayani keluhan pelanggan, memperhatikan pelanggan. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 pelanggan di Kafe Rumah Lama. Dari hasil data kuesioner peneliti mendapat hasil bahwa Customer Relationship Management dan Service Quality mempengaruhi loyalitas pelanggan dengan interval korelasi 0.909 dan koefisien determinasi sebesar 82.6%.
Article Details
References
Ruslan, Rosady. (2008). Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Siregar, Syofian. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Jurnal
Ariyanti, M. (2006). Manajemen Hubungan Pelanggan Guna Memperoleh Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi 7(4) : 888-900
Parasuraman, A. Dkk. (1988). Servqual : A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perception of Service Quality. Journal of Retailing, Vol. 64.pp 12-40.