Praktik Ritual Social Media Influencer (SMI) pada Akun @Vonnyfelicia

Main Article Content

Doddy Salman
Pertiwi Pertiwi
H. H. Daniel Tamburian

Abstract

This study aims to find out the self-presentation of social media influencer (SMI) Vonny Felicia through Instagram social media in the context of rituals. An Erving Goffman lema that refers to a term that captures the patterned aspects of interactional life that talk about the moral value of people. This research uses a qualitative approach. The object of research in this study is Vonny Felicia's Instagram account. The subject of the study was Vonny Felicia as SMI. Case study research methods with interview methods, observation, documentation, and literature review. The results showed that Vonny's presence as an SMI on Instagram is a ritual in the sense of realizing the importance of interactional life patterns by prioritizing oneself as a figure as a place for presenting herself. Vonny's front stage and back stage are not the same. In front of thousands of his followers Vonny is an extroverted teenager with a natural and fashionable style. Meanwhile, he is an introvert who is patient with scathing and blocking comments as an end choice. This action he took so that posts on Instagram inspired many people and were considered positive people. The study found that people tend to share Instagram stories to meet their impression management goals, garner social support by connecting with their social networks. In other words Vonny practices rituals on social media.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presentasi diri social media influencer (SMI) Vonny Felicia melalui media sosial Instagram dalam konteks ritual. Sebuah lema Erving Goffman yang menunjuk pada istilah yang menangkap aspek-aspek berpola dari kehidupan interaksional yang berbicara tentang nilai moral orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah akun Instagram Vonny Felicia. Subyek penelitian adalah  Vonny Felicia sebagai SMI. Metode penelitian studi kasus dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tinjauan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran Vonny sebagai SMI di Instagram merupakan ritual dalam arti menyadari pentingnya pola kehidupan interaksional dengan mengedepankan diri sebagai sosok sebagai tempat untuk presentasi dirinya. Panggung depan dan panggung belakang Vonny tidaklah sama. Di hadapan ribuan pengikutnya Vonny adalah remaja ekstrovert dengan gaya natural sekaligus modis.Sedangkan keseharian ia adalah seorang introvert yang bersabar dengan komentar-komentar pedas dan memblokir sebagai pilihan akhir. Tindakan ini ia lakukan agar postingan di Instagram menginspirasi banyak orang dan dianggap sebagai orang yang positif. Studi ini menemukan bahwa orang cenderung berbagi cerita Instagram untuk memenuhi tujuan manajemen tayangan mereka, mengumpulkan dukungan sosial dengan terhubung dengan jejaring sosial mereka dan mendapatkan umpan balik. Dengan kata lain Vonny mempraktikkan ritual di media sosial.

Article Details

How to Cite
Salman, D., Pertiwi, P., & Tamburian, H. H. D. (2022). Praktik Ritual Social Media Influencer (SMI) pada Akun @Vonnyfelicia. Prologia, 6(2), 256–263. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.10671
Section
Articles

References

Abimanyu, K., Pratiwi, M. R. (2018). Self Presentation 4.0: Strategi Personal Branding Di Akun Youtube Kiflyf Tv. In journals.ums.ac.id.

Akademi Komunikasi BSI Jakarta, S. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2),176–185.

Alice Audrezet, Gwarlann Caffier de Kerviler a, Julie Guidry Moulard (2017) Authenticity Under Threat: When Social Media Influencers Need to Go Beyond Passion Moulard Advances in Consumer Research 45 509-510

Damanik, R. (2017). Perancangan E-Commerce Pada Distro G-2000.

Fitriani, R., Nurprapti, N., Nurjuman, H. (2019). Strategi Pengelolaan Akun Instagram Dalam Membangun Personal Branding Selebgram.

Moleong, Lexy J. (2000). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhammad, A. A. (2013). Kesadaran Hukum Masyarakat Kampung Mahmud Untuk Memiliki Sertifikat Atas Hak Ulayat: Studi Kasus Di Kampung Adat Mahmud

Neuman, Lawrence. (2013). Metodologi penelitian sosial: Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jakarta: Indeks.

Pertiwi (2020) Presentasi Diri Influencer Vonny Felicia Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @Vonnyfelicia. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara.

Smith, G (2022) Ritual pada The Routledge International Handbook of Goffman Studies Michael Hviid Jacobsen and Geg Smith (eds). Routledge London

Smith L, Sanderson J (2015) I'm Going to Instagram It! An Analysis of Athlete Self-Presentation on Instagram Journal of Broadcasting & Electronic Media 59(2) 342-358

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Bagian 3.