Komunikasi Humas Bank OCBC NISP Kantor Pusat selama Covid-19 dalam Meningkatkan Media Relations

Main Article Content

Harry Kertarahardja
Ahmad Junaidi

Abstract

There are so many cases and issues that have occurred against Bank OCBC NISP, especially Bank OCBC NISP, the Head Office which has created a bad image in the eyes of the wider community, the public relations division will immediately jump in to see and find solutions in order to improve the image of Bank OCBC NISP Head Office. This research uses the data collection method by interview and documentation. This research is presented in a qualitative form. This research was conducted in November - December in a virtual manner with the PR of Bank OCBC NISP Head Office, with four informants in this study. To complete the research here using three theories, namely Communication, Public Relations, and Media Relations. The results of the research found were how public relations communicated to the mass media and established close cooperation during the Covid-19 pandemic so that media relations could be well developed and could produce a good image in the eyes of the public.

 

Humas atau yang dalam bahasa inggrisnya disebut Public Relations, secara umum merupakan salah satu bagian dari perusahaan yang bertugas melakukan interaksi, hubungan, dan kerjasama dengan masyarakat yang terkait dengan perusahaan atau organisasi. Komunikasi merupakan aspek penting dalam pekerjaan Humas karena pekerjaan humas tidak jauh dari berkomunikasi. Namun karena pandemi covid-19 yang mengharuskan pekerjaan dilakukan melalui rumah membuat komunikasi dan pekerjaan yang dilakukan oleh Humas berubah. Salah satu pekerjaan Humas yaitu media relations. Media relations merupakan kegiatan menjalin hubungan dengan pers atau media untuk kepentingan perusahaan dalam menyampaikan informasi ke masyarakat luas. Informasi dari perusahaan yang akan disampaikan tidak mungkin bergerak sendiri. Maka dari itu dibutuhkan yang namanya Media Relations. media relations itu hubungan setara atau hubungan timbal balik antara lembaga atau perusahaan dengan media massa dalam makna seluas-luasnya. Hubungan ini mencakup hubungan antara tim Humas perusahaan dengan jajaran redaksional media massa (mulai dari wartawan, redaktur, pemimpin, redaksi),jika bisa sampai ke pemilik media.

Article Details

How to Cite
Kertarahardja, H., & Junaidi, A. (2022). Komunikasi Humas Bank OCBC NISP Kantor Pusat selama Covid-19 dalam Meningkatkan Media Relations. Prologia, 6(1), 103–107. https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10314
Section
Articles
Author Biographies

Harry Kertarahardja, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Ahmad Junaidi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Iriantara, Yosal. (2011). Media Relations Konsep, Pendekatan dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Moleong, Lexi J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif “edisi revisi”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nova, Firzan. (2011). Crisis Public Relatons Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pasolong, H. (2013). Research Methods in Public Administration. Bandung: Alfabeta.

Rosady, Ruslan. (2005). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tendean, Christian S. (2013). Peranan Humas dalam Pencitraan Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal, Vol. II, No. 4, hlm. 5.