Komunikasi Antarpribadi Pedagang-Pedagang Etnis Tionghoa di Kawasan Pasar Pagi Lama

Main Article Content

Patricia Frederika
Eko Harry Susanto

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai komunikasi antarpribadi yang terjadi di antara pedagang-pedagang etnis Tionghoa di kawasan Pasar Pagi Lama. Mayoritas pedagang di kawasan Pasar Pagi Lama berasal dari etnis Tionghoa, yang berarti mereka berasal dari latar belakang budaya yang sama. Namun, meskipun secara garis besar mereka berasal dari etnis yang sama,  masing-masing dari mereka memiliki kesukuan yang berbeda, yang mana mereka memiliki bahasa dan kebiasaannya masing-masing. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi antarpribadi, daya tarik kesamaan, bahasa, kebiasaan dan hubungan antarpribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dan dengan metode penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi non-partisipan, studi kepustakaan dan penelusuran data online. Penelitian ini menemukan bahwa komunikasi antarpribadi yang terjadi pada pedagang-pedagang etnis Tionghoa di kawasan Pasar Pagi Lama berjalan dengan baik meskipun memiliki perbedaan suku. Mereka juga tetap saling menjaga dan membangun hubungan yang baik melalui penyesuaian bahasa dan kebiasaan dalam budaya Tionghoa yang masih dilakukan, yaitu kebiasaan pada saat Hari Raya Tahun Baru Imlek. Selain itu, juga tidak ada rasa ketertarikan yang lebih kepada pedagang yang berasal dari etnis ataupun suku yang sama.

Article Details

How to Cite
Frederika, P., & Susanto, E. H. (2019). Komunikasi Antarpribadi Pedagang-Pedagang Etnis Tionghoa di Kawasan Pasar Pagi Lama. Koneksi, 2(2), 515–523. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3931
Section
Articles
Author Biographies

Patricia Frederika, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Eko Harry Susanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Azeharie, Suzy. (2015). Pola Komunikasi Antara Pedagang dan Pembeli di Desa Pare, Kampung Inggris Kediri. Jurnal Komunikasi, 7(2), 207-223.

DeVito, Joseph A. (2011). Komunikasi Antarmanusia. Tangerang: KARISMA Publishing Group.

Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Liliweri, Alo. (2009). Makna Budaya dalam Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: LkiS.

Majid, Abdul. (2014). Pasar Sebagai Sarana Komunikasi Antar Budaya (Studi Deskriptif Pedagang Pasar Segiri Samarinda). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 155-165.

West, R., & Lynn H, Turner. (2013). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Samovar, Larry A., Porter, Richard E., & McDaniel, Edwin R. (2010). Komunikasi Lintas Budaya. Jakarta: Salemba Humanika.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.

Susanto, Eko Harry. (2018). Komunikasi Manusia: Teori dan Praktik Dalam Penyampaian Gagasan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>