Representasi Kekerasan Simbolik dalam Film “It Ends with Us” (Analisis Semiotika Peirce)
Main Article Content
Abstract
Film, as a form of mass media, has a significant ability to communicate messages to a wide audience through visual, auditory, and narrative components. This study aims to examine how violence is portrayed in romantic relationships in It Ends with Us by using Charles sanders Peirce’s semiotic theory (sign, object, interpretant) and Pierre Bourdieu’s symbolic violence theory. The movie tells the story of Lily Blooms who struggles to get out of a toxic relationship full of emotional and physical violence. A descriptive qualitative method was used to reveal signs of violence, both overt and covert. The findings show that the scenes of violence shown explicitly in It Ends with Us also contain symbolic violence. The movie represents relationship violence that often occurs in society that shows the complexity between perpetrators and victims, especially in the form of emotional manipulation and verbal violence.
Film sebagai salah satu bentuk media massa, memiliki kemampuan yang signifikan dalam mengkomunikasikan pesan kepada khalayak luas melalui komponen visual, pendengaran, dan narasi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana kekerasan digambarkan dalam hubungan romantis dalam film It Ends with Us dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce (tanda, objek, interpretan) dan teori kekerasan simbolik Pierre Bourdieu. Film ini mengisahkan Lily Blooms yang berjuang untuk keluar dari hubungan toksik yang penuh kekerasan emosional dan fisik. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mengungkap tanda-tanda kekerasan, baik secara jelas maupun yang terselubung. Temuan menunjukan bahwa adegan kekerasan yang ditampilkan secara eksplisit dalam film It Ends with Us juga mengandung kekerasan simbolik. Film ini merepresentasikan kekerasan dalam hubungan yang sering terjadi di masyarakat yang menunjukan kompleksitas antara pelaku dan korban, terutama dalam bentuk manipulasi emosional dan kekerasan verbal.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Alviandhika D. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Pendek “HAR” Alviandhika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14580–14588. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4735/4008
Arismunandar, S. (2020). Pierre Bourdieu Dan Konsep Dasar Kekerasan Simbolik. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 12(1), 41–60.
Dennis, D. (2018). Representasi Feminitas Ayah (Analisis Semiotika Film Miracle In Cell No. 7). Koneksi, 1(1 SE-Articles), 58–63. https://doi.org/10.24912/kn.v1i1.1351
Fatmawati, N. I. (2020). Pierre Bourdieu Dan Konsep Dasar Kekerasan Simbolik. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 12(1), 41–60. https://doi.org/10.52166/madani.v12i1.1899
Haerussaleh, H., & Huda, N. (2021). Modal Sosial, Kultural, Dan Simbolik Sebagai Representasi Pelanggengan Kekuasaan Dalam Novel the President Karya Mohammad Sobary (Kajian Pierre Bourdiue). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10032
Kartini, K., Fatra Deni, I., & Jamil, K. (2022). Representasi Pesan Moral Dalam Film Penyalin Cahaya. SIWAYANG Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Pariwisata, Kebudayaan, Dan Antropologi, 1(3), 121–130. https://doi.org/10.54443/siwayang.v1i3.388
Mulyana, A., Alamsyah, F. F., & Nugraha, Y. A. (2019). Representasi Kekerasan Dalam Film “the Raid: Mulyana, A., Alamsyah, F. F., & Nugraha, Y. A. (2019). Representasi Kekerasan Dalam Film “the Raid: Redemption.” Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 3(2), 145–155. https://doi.org/10.33751/jpsik.v3i2.1298. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 3(2), 145–155. https://doi.org/10.33751/jpsik.v3i2.1298
Musarrofa, I. (2015). Mekanisme Kekerasan terhadap Perempuan dalam Rumah Tangga Perspektif Teori Kekerasan Simbolik Pierre Bourdieu. Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 49(2), 459–478. http://ajiindonesia.or.id/read/article/berita/163/masih-ada-kekerasan-pada-
Ningtyas, E. (2015). Pierre Bourdieu, Language and Symbolic Power. Poetika, 3(2). https://doi.org/10.22146/poetika.v3i2.10437
Nurma Yuwita. (2018). Representasi Nasionalisme Dalam Film Rudy Habibie (Studi Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Jurnal Heritage, 6(1), 40–48. https://doi.org/10.35891/heritage.v6i1.1565
Rachmad, R. A., Gelgel, N. M. R. A., & Joni, I. D. A. S. (2021). Representasi Anarkisme Dalam Film Joker. Medium, 1(2), 1–7.
Retnosari, P. (2019). Kekerasan Simbolik Pada Sistem Pendidikan Negeri Di Indonesia. Jurnal Widyaloka IKIP Widiya Dharma, VOL.6 NO 3(ISSN 0854-0810), 414–431.
Salsabila, N., & Candraningrum, D. A. (2020). Representasi Kearifan Lokal Budaya Timur Tengah dalam Film “Aladdin (2019)” Produksi Walt Disney Pictures. Koneksi, 4(1), 7. https://doi.org/10.24912/kn.v4i1.6494
Saman, A. (2024). Telaah Dampak KDRT. 3(11), 3123–3138.
Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Nuansa Informatika, 16(1), 33–40. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4670
Winduwati, S., & Wahyutristama, B. N. (2022). Analisis Semiotika Pesan Moral dalam Anime Demon Slayer: Mugen Train. Koneksi, 6(2), 287–294. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15674