Personal Branding Dancer Laki-laki di Media Sosial TikTok

Main Article Content

Reynald Adril Teodorus
Sisca Aulia

Abstract

A dancer, regardless of gender, must do personal branding on social media. This research wants to know the strategies male dancers use in building personal branding and the impact of personal branding on male dancers' career opportunities. The method used in this research is descriptive qualitative. The data collection methods are interviews, observation, literature study, and documentation. The results show the strategies used by male dancers in this study when building personal branding, namely being consistent and committed to maintaining quality, collaborating with brands, and uploading content on accounts regularly. Personal branding built through social media can open career opportunities such as dancer content creators.


Seorang penari atau dancer, terlepas dari gender, perlu melakukan personal branding di media sosial. Penelitian ini ingin mengetahui strategi yang digunakan dancer laki-laki dalam membangun personal branding dan mengetahui dampak personal branding terhadap peluang karir dancer laki-laki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil menunjukkan strategi yang digunakan dancer laki-laki pada penelitian ini saat membangun personal branding yakni konsisten dan berkomitmen menjaga kualitas, berkomitmen terhadap brand yang bekerjasama, mengunggah konten pada akun secara berkala. Personal branding yang dibangun melalui media sosial bahkan mampu membuka peluang karir seperti dancer content creator

Article Details

How to Cite
Teodorus, R. A., & Aulia, S. (2025). Personal Branding Dancer Laki-laki di Media Sosial TikTok. Koneksi, 9(1), 20–28. https://doi.org/10.24912/kn.v9i1.27783
Section
Articles

References

Adhimah, S. (2020). Peran Orang Tua dalam Menghilangkan Rasa Canggung Anak Usia Dini (Studi Kasus di Desa Karangbong RT. 06 RW. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62.

Afriansyah, B., Niarti, U., & Hermelinda, T. (2021). Analysis of the Implementation of the Preparation of Financial Statements Based on Micro, Small and Medium Entity Accounting Standards (SAK EMKM). SAINTIFIK (Multi Science Journal), 19(1). https://jurnal.faperta-unras.ac.id/index.php/JS/article/view/99/111

Annur, C. M. (2023). Jumlah Unduhan Baru 10 Aplikasi Terbesar Secara Global (2022). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/08/30/10-aplikasi-paling-banyak-diunduh-secara-global-pada-2022-tiktok-juaranya

Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran E-Commerce Terhadap Perekonomian Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114. https://doi.org/10.24036/jkmb.10994100

Ayuni, Q. C. H. A. (2019). Pemgaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Tingkat Penjualan Produk Kuliner Kemasan. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23.

Fatmawati, R., & Doni, S. (2018). Tingkat Burnout Staf Perpustakaan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta. Shaut Al-Maktabah Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 10, 153–164. NGKATBURNOUT STAF PERPUSTAKAAN BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (BPAD) PROVINSI DKI JAKARTA

Febriansyah, & Muskin, N. N. (2020). Fenomena Media Sosial: Anatar Hoax, Destruksi Demokrasi, dan Ancaman Disintegrasi Bangsa. Jurnal Wicida Sebatik, 24, 193–200. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/1091/295

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Y. Novita (ed.)). PT. Global Eksekutif Teknologi.

Isabella Nur Fakih, F., Luh Ramaswati Purnawan, N., & Devia Pradipta, A. (2021). Pembentukan Personal Branding @jharnabhagwani Sebagai Beauty Influencer Melalui TikTok. Jurnal Mahasiswa. https://kompas.com

Januadikara, R., Muntazori, A. F., & Kurniasih, P. (2022). Perancangan Film Dokumenter Tari Lengger Lanang Banyumas. Januadikara, Riyan Munazori, Ahmad Faiz Kurniasih, Puri, 1(2), 211–224. https://doi.org/10.30998/cipta.v1i2.1630

Kusumasari, D. A. S. (2020). Makna Teks Ujaran Kebencian Pada Media Sosial. Jurnal Komunikasi , 12, 1–5.

Norhabiba, F., & Ragil Putri, S. A. (2018). Hubungan Intensitas Akses Media Baru Dan Kualitas Interaksi Lingkungan Sekitar Pada Mahasiswa Untag Surabaya. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 8. https://doi.org/10.14710/interaksi.7.1.8-15

Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Saputra, D. N., Mardianto, D., Sinthania, N. D., Hafrida, L., Bano, O. V., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Amruddin, Alam, M. D. S., Lisya, M., & Ahyar, D. B. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (F. Sukmawati (ed.)). Pradina Pustaka. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=thZkEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT5&dq=metodologi+kualitatif&ots=8hpAQxhJLB&sig=TWyZmqPXQ52svu7WF3ziaBTNZQk&redir_esc=y#v=onepage&q=metodologi kualitatif&f=false

Purnama Wirayuda, R., & Agus Kurniawan, D. (2022). Identification of Science Process Skills and Students’ Creative Thinking Ability In Science Lessons. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1). https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/

Ridho, M. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Musik Indie Melalui New Media. Αγαη, 8(5), 55.

Santosa, T. A. M. S. . E. (2020). Analisis Masalah Pendidkan Biologi pada Sekolah Menegah Pertama di Era Pandemi Covid-19. JRPP (Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran), 3, 273–278. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/1278/989

Septiyan, D. D. (2021). Strategi Personal Branding Musisi Pop Jawa Melalui Media Sosial. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v3i2.73

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.