Pengaruh Rebranding dan Kualitas Layanan terhadap Brand Image GOJEK

Main Article Content

Viola Natalia
Rezi Erdiansyah

Abstract

The aim of this research is to measure the effect of rebranding and service quality on GOJEK brand image in Jakarta. The primary data was collected through questionnaires to 155 respondents who ever used GOJEK services in Jakarta. The data was analysed using Structural Equation Modeling (SEM) with the LISREL 8.70 application. This research consisted of 31 statements. Based on the results of this research that rebranding and service quality positively and significantly affect the brand image of GOJEK. From the two of independent variables in this research show that service quality had the most influential on GOJEK brand image compared to rebranding.

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh rebranding dan kualitas layanan terhadap Brand Image GOJEK di Jakarta. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 155 responden yang pernah menggunakan jasa layanan GOJEK di Jakarta. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi LISREL 8.70. Penelitian ini terdiri dari 31 butir pernyataan. Hasil penelitian menghasilkan, bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan rebranding dan kualitas layanan terhadap brand image GOJEK. Dari kedua variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini, dihasilkan bahwa kualitas layanan memberikan pengaruh lebih besar dibandingkan rebranding terhadap brand image GOJEK.

Article Details

How to Cite
Natalia, V., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Rebranding dan Kualitas Layanan terhadap Brand Image GOJEK. Prologia, 4(2), 221–228. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6481
Section
Articles

References

Juhairi, M., Arifin, Z., & Sunarti. (2016). ( Survey Pada PT Pabrik Gula Krebet Baru di Kabupaten Malang ). Administrasi Bisnis, 39(2), 19–26.

Natasya, R., & Susanto, E. H. (2011). Peran Public Relations Dalam Pembentukan Citra Merek Mal Central Park ( Studi Tentang Jakarta Great Sale 2010 Mal Central Park), 3(2), 1–66.

Rosyada, A. (2018). Pengaruh Rebranding Dan Kualitas Layanan Terhadap Citra Perusahaan Pada Xl Axiata (Studi Pada Pengguna Simcard XL Di XL Center Pemuda Surabaya). Ilmu Manajemen, 6(1), 1–7.

Samosir, A. L., & Oktafani, F. (2015). Mahasiswa Memilih Telkom University ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Telkom, 2(2), 1963–1968.

Putri, W. I. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Citra Perusahaan Dalam Membangun Loyalitas Konsumen PT. KAI. Economics, 1(2), 141–149.

Aryani, D., & Rosinta, F. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 17(2), 114–126.

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.

Saragih, R. M. T., Hamid, D., & Kusumawati, A. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Perusahaan dan Kepuasan Pelanggan ( Survei Pada Wisatawan Taman Rekreasi Selecta Batu ). Administrasi Bisnis, 24(2), 1–4.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra.2016. Service, Quality, dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Venessa, I., & Arifin, Z. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-B. Administrasi Bisnis, 51(1), 44–48.

Adiwidjaja, A. J., & Tarigan, Z. J. H. (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Manajemen Bisnis, 5(3).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Wardani, T. A. P., & Wibowo, S. (2017). Pengaruh Rebranding Terhadap Brand Image Pada Indosat Ooredoo (Studi Pada Pengguna Im3 Ooredoo Di Kota Bandung) The Influence Of Rebranding Toward Brand Image Of Indosat Ooredoo (Study On Im3 Ooredoo Users In Bandung City ), 4(1), 635–641.

Halim, B. C., Dharmayanti, D., & Brahmana, R. K. M. R. (2014). Pengaruh Brand Identity terhadap Timbulnya Brand Preference dan Repurchase Intention pada Merek Toyota. Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–11.

Cecilia, J., & Selamat, F. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Intensi Pembelian Dengan Nilai Sebagai Mediasi , Studi Pada Online Hotel Booking Traveloka, 71–79.

Nisfiannoor, Muhammad. (2009). Pendekatan Statistika Modern Untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Santoso, D. A., Erdiansyah, R., & Pribadi, M. A. (n.d.). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Innisfree, 286–290.