Pengaruh Terpaan Tayangan Iklan Shopee Versi BlackPink terhadap Brand Loyalty Mahasiswa Jakarta

Susilawati Susilawati, Lusia Savitri Setyo Utami
| Abstract views: 156 | views: 102

Abstract

Shopee, as an e-commerce company, collaborated with BlackPink in 2018. The collaboration began with the sale of merchandise, followed by using Blackpink for Shopee advertising. The ad received wide attention from the public after an audience responded negatively. Therefore, this study discusses the Shopee ad version of the BlackPink. Shopee uses television to show BlackPink as a brand ambassador through advertisements. The purpose of this study was to determine whether there was an effect of the Blackpink version of Shopee Ad Impressions on Brand Loyalty, especially consumers in Jakarta. The theoretical basis used is the Display of Advertising Impressions and Brand Loyalty. This research uses an explanatory quantitative approach using survey methods. The population in this study were students in Jakarta with the sample used was 83 respondents. The results showed that there was a significant effect in the Ad Impression Variable on Brand Loyalty variables among Jakarta Students. The dimension in the Ad Impressions (X) variable that most strongly influences the Brand Loyalty (Y) variable is the content of the impression.

 

Shopee sebagai perusahaan e-commerce melakukan kerja sama dengan BlackPink pada tahun 2018. Kerja sama diawali dengan adanya penjualan merchandise yang dilanjutkan dengan menggunakan BlackPink untuk iklan Shopee. Iklan tersebut mendapatkan perhatian masyarakat luas setelah ada khalayak yang menanggapi secara negatif. Oleh karena itu, penelitian ini membahas tentang iklan Shopee versi BlackPink tersebut. Shopee menggunakan media televisi untuk memperlihatkan BlackPink sebagai brand ambassador melalui iklan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Terpaan Tayangan Iklan Shopee versi Blackpink terhadap Brand Loyalty konsumen terutama terhadap Mahasiswa di Jakarta. Adapun landasan teoritik yang digunakan adalah Terpaan Tayangan Iklan dan Brand Loyalty. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat eksplanasi menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Jakarta dengan sampel yang digunakan adalah 83 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam Variabel Terpaan Tayangan Iklan terhadap variabel Brand Loyalty di kalangan Mahasiswa Jakarta. Dimensi dalam variabel Terpaan Tayangan Iklan (X) yang paling kuat mempengaruhi variabel Brand Loyalty (Y) adalah Isi tayangan.

Keywords

Television; Advertising Exposure; Brand Loyalty; e-commerce; Televisi; Terpaan Iklan; brand Loyalty; e-commerce

Full Text:

PDF

References

Farady,William. (2016). Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui Poting Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo! (Analisis Eksplanatif Pada Komunitas Food Blogger #WTFoodies). Jurnal Komunikasi, Universitas Tarumanagara

Irwansyah, Ekawati., Ernugtyas. (2016). Efek Iklan Televisi Program Keluarga Berencana. Jurnal Komunikasi, Universitas Tarumanagara.

Kriyanto, Rachmat. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Kusniadji, Suherman., Jacqueline. (2016). Pengaruh Komunikasi Pemasaran melalui Event dan Iklan Terhadap Citra Merek Shopee. Jurnal Komunikasi.

McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa Buku 2 (6th ed). Jakarta : Salemba Humanika

Morissan. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: KENCANA Prenamedia Group.

Nazir, Mohammad. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Nisfiannoor, Muhammad. (2013). Pendekatan Statistik Modern: Aplikasi dengan Software SPSS dan E-Views. Jakarta: Penerbit Trisakti

Akdon & Ridwan. (2005). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistik. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Supranto. J. & Dr. H. (2007) Nandan Liimakrisna, Perilaku Konsumen danStrategi Pemasaran, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Wells, William., Jhon Burnett, Sandra Moriarty. (2000). Advertising Pririncples And Practice,Five Edition. New Jersey: Prentice-Hall International.

https://lifestyle.sindonews.com/read/1356209/166/blackpink-resmi-menjadi-brand-ambassador-platform-belanja-online-1542720001

https://inet.detik.com/business/d-3054826/misi-shopee-di-e-commerce-ke-indonesia-lalu-kuasai-asia

Copyright (c) 2020 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.