Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Borneo Orangutan Survival Foundation (BOS Foundation) melalui Instagram

Kezea Yemima, Farid Rusdi
| Abstract views: 173 | views: 124

Abstract

Habitat of orangutans that continues to shrink in number can result in the extinction of the existence of orangutans. Tropical rain forests are the habitat of many orangutans used as oil palm plantations. However, not only a few people who want to contribute to the conservation of orangutans and their habitat. Borneo Orangutan Survival Foundation, is a non-profit organization that has concern for orangutans and their habitat. This research is a descriptive qualitative research that discusses social marketing communication strategies carried out by the BOS Foundation to attract public awareness through Instagram in orangutan conservation efforts and the improvement of their habitat. The research data were taken from interviews with three speakers related to this research. The data obtained were analyzed with the SOSTAC concept which discussed the situation, objectives, strategies, tactics, actions, and controls related to the discussion. The conclusion of this study is the social marketing communication strategy undertaken by the BOS Foundation through Instagram is to have a standard in uploading content, containing captions that are interesting to read, also pay attention to the engagement that is generated.

 

Habitat orangutan yang terus menyusut jumlahnya dapat mengakibatkan kepunahan dari eksistensi orangutan. Hutan hujan tropis merupakan habitat orangutan yang banyak dijadikan perkebunan kelapa sawit. Namun, tidak sedikit masyarakat yang ingin berkontribusi dalam pelestarian orangutan serta habitatnya. Borneo Orangutan Survival Foundation, adalah salah satu organisasi non-profit yang  memiliki kepedulian terhadap orangutan dan habitatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang membahas tentang strategi komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan oleh BOS Foundation guna menarik awareness masyarakat melalui Instagram dalam upaya konservasi orangutan serta perbaikan habitatnya. Data hasil penelitian diambil dari wawancara dengan tiga narasumber terkait penelitian ini. Data yang didapat dianalisis dengan konsep SOSTAC yang membahas tentang situasi, tujuan, strategi, taktik, aksi, dan kontrol terkait pembahasan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan oleh BOS Foundation melalui Instagram ialah dengan memiliki standarisasi dalam mengunggah konten, memuat caption yang menarik untuk dibaca, juga memperhatikan engagement yang dihasilkan.

Keywords

awareness; bos foundation; social marketing; Pemasaran Sosial

Full Text:

PDF

References

A.Muri Yusuf. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenademeia Group

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Putra Grafika

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Darmadi, Hamid. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Dr.Jr.Raco, ME., M.Sc. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakter, dan Keunggulannya. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Effendy, Onong Uchjana. (2016). Ilmu Komunikasi – Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Idrus, M. (2009). Metode penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Kennedy, John. Dermawan Soemanagara. (2006). Marketing Communication. PT. Bhuana Ilmu Populer: Jakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Penerbit Erlangga

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung

Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana: Jakarta

Mulyana, Deddy. (2008). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prisgunanto, Ilham. (2006). Komunikasi Pemasaran: Strategi & Taktik Dilengkapi Analisis SOSTAC dan STOP SIT. Jakarta Ghalia Indonesia. Jakarta

Pudjiastuti, Wahyuni. (2016). Social Marketing: Strategi Jitu Mengatasi Masalah Sosial di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Jakarta

Purnama, Hadi. (2011). Media Sosial di Era Pemasaran 3.0 Corporate and Marketing Communication. Jakarta

Sugiyono. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis. PT. Gramedia, Jakarta

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Suryabrata, Sumadi. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suryadi, Edi. (2018). Strategi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/1078/833

http://demo.orangutan.or.id/id/orangutan-faq

https://orangutan.or.id/id/

http://orangutan.or.id/id/fakta-orangutan/

perpustakaan.uns.ac.id

www.emeraldinsight.com/2042-6763.htm

Copyright (c) 2020 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.