Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembelian Tiket Bioskop Online Tix Id Terhadap Loyalitas Pelanggan
Main Article Content
Abstract
The existence of the smartphone is usual to use today, so that everyone should have as a supporting tool in finding information. Smartphones are increasingly diverse functions even easier for users on the move, one example is the emergence of buying and selling online applications. TIX ID is one of the applications that support the purchase of cinema tickets online. This study aims to determine the effect of service quality cinema tickets online TIX ID on customer loyalty. The method used is quantitative method. The number of respondents used in this study were 85 students of the Faculty of Computer Science Information Systems Mercu Buana University. Analysis of data using Test Validity, Test The reliability, normality test, Correlation, Regression Analysis test, and test hypotheses. Based on this research, it was found that there is significant influence and strong relationship between the quality of service on customer loyalty.
Keberadaan smartphone merupakan hal yang lazim untuk digunakan saat ini, sehingga semua orang harus memilikinya sebagai alat penunjang dalam mencari informasi. Fungsi smartphone yang kian beragam semakin memudahkan penggunanya dalam beraktivitas, salah satu contohnya adalah munculnya berbagai aplikasi jual-beli online. Tix Id adalah salah satu aplikasi yang mendukung pembelian tiket bioskop secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pembelian tiket bioskop online Tix Id terhadap loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 85 orang mahasiswa/ mahasiswi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana Jakarta. Analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Korelasi, Uji Analisis Regresi, dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan pada loyalitas pelanggan.
Article Details
References
Hasan. (2008). Marketing. Malang: Bayu Media.
Mahmud, A. (n.d.). Tes Profesi STAN. Malang: BookST.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Wijaya, S., & Oktavianti, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Belanja Daring terhadap Corporate Image (Studi Pada Pelanggan Perusahaan JD.id). Prologia, Vol. 2.